MotoGP Argentina: Vinales Takut dengan Kecepatan Marquez - Rossi

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 09 Apr 2017, 15:00 WIB
Diperbarui 14 Sep 2017, 22:30 WIB
MotoGP

Liputan6.com, Santiago del Estro - Marc Marquez tentu menjadi target utama Maverick Vinales untuk dikalahkan pada MotoGP Argentina 2017. Namun, bukan berarti Vinales mengabaikan Valentino Rossi. Berkaca dari kualifikasi, kecepatan Rossi membuat Vinales juga khawatir.

Bagi Vinales, hasil pada kualifikasi MotoGP Argentina 2017 di Sirkuit Autodromo Termas de Rio Hondo, Sabtu (8/4/2017), adalah sebuah penurunan. Padahal, ia mampu menunjukkan kecepatan terbaiknya sejak latihan bebas pertama.

Setelah menjadi yang tercepat pada latihan bebas pertama dan kedua, catatan waktu pembalap berusia 22 tahun itu pada latihan bebas ketiga masih berada di urutan kedua. Kemerosotan Vinales dimulai pada latihan bebas keempat. Pada akhirnya, ia akan memulai balapan MotoGP Argentina dari posisi keenam.

"Saya tak kecewa. Kami sedikit berjuang dengan grip belakang dan saya tidak tahu kenapa. Saya merasa beberapa hal aneh saat melintas di trek basah, sama sekali berbeda dari kondisi kering. Jadi, kami harus menganalisanya," ujar Vinales, dilansir Crash.

Sesi kualifikasi MotoGP Argentina 2017 sendiri berjalan dalam kondisi basah. Situasi itu seperti mengabulkan permintaan Vinales yang merasa penasaran balapan dengan motor Yamaha di lintasan basah. Ternyata, hasilnya tak memuaskan seperti saat ia mengendarai Suzuki.

2 dari 2 halaman

Tetap Optimistis

Pada sesi kualifikasi, catatan waktu Vinales tertinggal 1,706 detik dari Marquez yang merebut pole position. Namun, Vinales juga khawatir dengan kecepatan rekan setimnya di Movistar Yamaha, Rossi, yang start dari urutan ketujuh dengan selisih 0,054 detik.

Berbeda dengan Vinales, lintasan basah justru sedikit menguntungkan Rossi untuk memulai balapan dekat dari barisan depan. "Saya pikir kami masih harus bekerja. Ini adalah kali pertama saya naik Yamaha dalam kondisi hujan. Jadi, ada banyak pekerjaan terkait settingan dalam lintasan basah," ucap Vinales.

Pembalap Movistar Yamaha, Maverick Vinales. (JUAN MABROMATA / AFP)

"Pada akhirnya, saya menjadi pembalap Yamaha terdepan dan Valentino selalu sangat cepat dalam basah. Jadi, saya cukup puas dan percaya diri. Ini hanya soal baris kedua. Dari posisi itu, saya juga bisa berjuang untuk kemenangan saat balapan," Vinales menambahkan.

Lanjutkan Membaca ↓