Hasil Malaysia Open: Ini Penyebab Kekalahan Tontowi / Liliyana

Oleh Bogi Triyadi pada 09 Apr 2017, 01:00 WIB
Diperbarui 09 Apr 2017, 01:00 WIB
Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir
Perbesar
Ganda campuran Indonesia Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir tersingkir di semifinal Malaysia Open Super Series Premier yang berlangsung di Stadium Perpaduan, Sarawak, Malaysia, Sabtu (8/4/2017). (Humas PP PBSI)

Liputan6.com, Sarawak - Langkah Tontowi Ahmad / Liliyana Natsir pada ajang Malaysia Open harus terhenti di semifinal. Pasangan peraih medali emas Olimpiade Rio de Janeiro 2016 itu kalah dari wakil Tiongkok, Lu Kai / Huang Yaqiong, dengan skor 8-21 dan 16-21.

Tontowi / Liliyana mengakui tampil di bawah performa terbaik mereka di semifinal Malaysia Open. Selain itu, ganda campuran Indonesia ini juga mengeluhkan susunan jadwal pertandingan.

Sebelumnya pada perempat final yang berlangsung Jumat (8/4/2017) malam WIB, Tontowi / Liliyana harus bertanding sengit melawan Choi Solgyu / Chae Yoo Jung dari Korea. Laga yang berakhir dengan skor 16-21, 23-21, serta 22-20 ini berlangsung dalam durasi 82 menit.

"Penampilan kami hari ini memang bisa dibilang underperformed," kata Liliyana setelah pertandingan di Stadium Perpaduan, Sarawak, Malaysia, Sabtu (8/4/2017).

"Dari segi tenaga, pertandingan di perempat final sangat menguras energi. Kami berharap dapat recovery dan istirahat lebih lama, tetapi kami kaget saat melihat jadwal pertandingan. Semalam kami sampai hotel jam 12 malam, dan hari ini dari pagi sudah harus bersiap tanding lagi."

Meski demikian, Liliyana mengakui Lu / Huang tampil bagus di laga ini. "Pasangan Tiongkok ini memang tampil lebih baik dan mereka sedang percaya diri setelah juara di All England dan India Open 2017. Soal cedera saya, pasti mengganggu di lapangan, tetapi saya nggak pikirin, yang penting fokus ke pertandingan saja," ucapnya.

"Tidak ada perubahan permainan dari lawan pada pertemuan sebelumnya. Namun, hari ini mereka bermain lebih baik dari kami. Sedangkan kami memang tidak maksimal, seharusnya kalau kondisi kami normal, kami bisa menang dari mereka," ujar Tontowi menambahkan.

Dengan kekalahan ini, rekor pertemuan Tontowi / Liliyana dengan Lu / Huang menjadi 6-1. Sementara itu, Indonesia tinggal menyisakan Kevin Sanjaya Sukamuljo / Marcus Fernaldi Gideon di final Malaysia Open.

**Gempa Cianjur telah meluluhlantakkan Bumi Pasundan, mari bersama-sama meringankan penderitaan saudara-saudara kita di Cianjur dengan berdonasi melalui: rekening BCA No: 500 557 2000 A.N Yayasan Pundi Amal Peduli Kasih. Bantuan akan disampaikan dalam bentuk sembako, layanan kesehatan, tenda, dll. Kepedulian kita harapan mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

POPULER

Berita Terkini Selengkapnya