Sukses

Menanti Selebrasi Unik Rossi di MotoGP Argentina

MotoGP Argentina bakal jadi momen spesial bagi Valentino Rossi.

Liputan6.com, Jakarta Seri kedua balapan MotoGP 2017 yang berlangsung di Argentina akhir pekan ini terasa spesial bagi pembalap Movistar Yamaha, Valentino Rossi. Sebab di sirkuit  Autódromo Termas de Río Hondo nanti, Rossi akan melakoni balapan ke-350 sepanjang kariernya. 

 

Rossi sudah kenyang di dunia balap motor paling bergengsi di dunia. Sembilan gelar juara dunia yang telah direbut The Doctor di empat kelas berbeda (125cc, 250cc, 500cc, dan MotoGP) telah menjadi bukti bahwa dia bukan pembalap yang patut diabaikan.

Memasuki musim ini, Rossi sempat diragukan. Apalagi performanya tidak terlalu meyakinkan saat menjalani tes pramusim. Begitu pun saat menjalani sesi latihan bebas pertama hingga ketiga di Sirkuit Losail jelang seri perdana di Grand Prix Qatar. Usia bahkan sempat dituding sebagai biang keladi kemunduran Rossi pada musim ini. 

Namun 'magis' Rossi ternyata belum habis. Start dari posisi 10, pembalap berjuluk The Doctor tersebut mampu melesat ke barisan depan dan naik ke podium ketiga.

Ini tentu saja tidak lepas dari kematangan Rossi serta keterampilannya dalam menunggangi YZR-M1 di arena pacuan kuda besi. Hingga saat ini, Rossi tercatat tampil sebanyak 349 balapan, dengan rincian 30 (125cc), 30 (250cc), 289 (500cc-MotoGP). 

Jelang MotoGP Argentina, para penggemar Rossi tentu menantikan kemenangan idolanya. Sebab terakhir kali, pembalap asal Italia itu naik podium pertama di GP Catalunya, Barcelona, 5 Juni 2016. Harapan terbuka lebar mengingat Rossi terbilang akrab dengan sirkuit yang baru masuk kalender MotoGP sejak 2014 tersebut. 

Bahkan Rossi pernah juara di lintasan dengan panjang 4,8km dia diketahui pernah pada 2015 lalu.  Rossi lantas melakukan selebrasi dengan mengenakan jersey timnas Argentina bertuliskan nama legenda sepak bola, Diego Maradona.

Angka 10 di kostum itu memang nomor keramat milik Maradonna di tim nasional namun juga bisa diartikan bahwa Rossi tengah mengincar gelar juara dunia ke-10 nya. Tapi semua rencananya berantakan setelah terlibat perseteruan dengan Marc Marquez. 

Menarik menantikan selebrasi yang akan dilakukan Rossi di Argentina, akhir pekan ini.


Catatan Menarik Kemenangan Rossi

Berikut adalah catatan kemenangan Rossi:
1. Valentino Rossi memetik kemenangan ke-100 sewaktu menjalani balapan di Inggris pada tahun 2002

2. Valentino Rossi memetik kemenangan ke-150 di Jerman pada 2008

3. Valentino Rossi gagal mencetak kemenangan ke-200 saat dirinya selesai di urutan ke-11 pada balapan di Sachsenring

4. Valentino Rossi meraih podium ketiga saat memulai balapan ke-300 di Mugello

(David Permana))

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.