Sukses

5 Pemain Ini Dikenang Berkat Satu Golnya

Liputan6.com, Jakarta - Pesepak bola biasanya diingat dengan kontribusi yang mumpuni di lapangan hijau. Cara mereka mencetak gol, dan jadi pahlawan kemenangan tim, tentu bakal terngiang di kepala fans.

Namun demikian, lima pemain di bawah ini sebenarnya terlupakan. Namun, mereka bisa mengingatkan fansnya hanya dengan mencetak satu gol bersejarah saja.

Selebihnya, mungkin fans tak akan tahu bahwa si pemain pernah membela klub kesayangannya. Masih ingat fans Chelsea, dengan nama Shaun Wright-Phillips? Ya, si pemain pernah menjadi salah satu yang diprediksi mengilap, tapi malah melempem.

Fans tentu bisa ingat saat dia mencetak gol dalam kemenangan Chelsea 2-0 atas Levski Sofia di Liga Champions pada 5 Desember 2006. Sebab, itu merupakan gol pertama Wright-Phillips dalam 52 penampilan untuk Chelsea, atau 17 bulan berseragam Chelsea.

Selain Wright-Phillips, ada 5 pemain lain yang cuma diingat karena pernah cetak gol bersejarah. Siapa saja mereka? Berikut daftarnya dikutip Footyjokes:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Federico Machaeda

Pemain asal Italia ini sebenarnya dianggap salah satu prospek yang bakal menjanjikan. Sejak gabung di tim U-18, Machaeda acap tampil impresif.

Namun demikian, sejak dipromosikan ke tim utama, penampilannya menurun. Namun, ada satu momen kala Machaeda jadi pahlawan bagi MU.

Kala itu, bersama Sir Alex Ferguson, MU tengah panik mengejar kemenangan untuk perburuan gelar. MU saat itu butuh kemenangan melawan Aston Villa, Machaeda akhirnya dimasukkan oleh Furguson. Keputusan itu nyatanya berhasil, ya dia mencetak gol dengan tembakan memutar dan menempatkan bola di tiang jauh.

3 dari 6 halaman

Yuri Zhirkov

Pada 2009, Chelsea mendatangkan Zhirkov dengan harga mencapai 18 juta pounds. Dia jadi salah satu pemain Rusia termahal. Namun, tak banyak fans Chelsea ingat dengan pemain ini.

Ya, sebab posisi Zhirkov tak terlalu tenar, yakni sebagai fullback kiri. Tapi, suporter The Blues tentu ingat kala dia mencetak gol indah melawan Spartak Moskva di Liga Champions 2010 lalu.

Berawal dari sapuan bek Spartak, kemudian disambar dengan tendangan kaki kiri yang menghujam gawang. Zhirkov memang bukan lah nama besar yang bawa Chelsea bersinar, tapi gol itu membuat namanya acap diingat.

4 dari 6 halaman

Cheick Tiote

Percaya atau tidak, dalam tujuh musim bersama Newcastle, Tiote hanya mengemas satu gol. Padahal, dia cukup dikenal dengan fans The Magpies.

Gol yang diciptakannya termasuk indah. Apalagi saat melawan Arsenal. Gelandang Pantai Gading ini melancarkan voli ke pojok kanan gawang Wojciech Szczesny dan mengingatkan fans dengan comeback brilian Newcastle yang sempat tertinggal 0-4 oleh Arsenal.

Berawal dari situasi tendangan bebas, kemudian bola muntah ke luar kotak penalti Arsenal. Tiote yang ada di lini kedua langsung menyambar dengan tendangan keras menghujam.

5 dari 6 halaman

John Jensen

Tak banyak fans Arsenal yang mungkin mengenal seorang Jensen. Dihubungkan banyak soal pemecatan George Graha dari Arsenal, Jensen sontak tak banyak disukai fans era 1992.

Apalagi, penampilannya tak terlalu istimewa. Bayangkan, dalam 99 tampil, dia cuma mengemas satu gol saja untuk The Gunners.

Tapi, satu golnya itu cukup istimewa. Saat melawan QPR, Jensen sukses mencetak gol dengan placing indah di pojok kanan gawang pada 31 Desember 1994. Namun memang, golnya itu tak menyelamatkan Arsenal dari kekalahan 1-3.

6 dari 6 halaman

Pajtim Kasami

Awalnya didatangkan Fulham, Kasami jadi salah satu pemain yang diprediksi menggebrak pertengahan tahun 2011. Namun nyatanya, dalam dua musim, dia tampil melorot dan tak sesuai dengan prediksi.

Dalam tiga musim membela Fulham, Kasami hanya meraih 38 penampilan saja. Bahkan, dia cuma mencetak tiga gol sebelum akhirnya dipinjam ke Luzern dan cabut dari klub.

Akan tetapi, ada salah satu hal spesial yang dilukisnya. Ya, ini setelah dia mencetak gol ajaib melawan Crystal Palace musim 2014. Mendapat umpan dari tengah, Kasami mengontrol bola dengan dada, tanpa disangka, dia langsung melepaskan bola ke gawang. Bahkan, golnya itu memenangkan penghargaan Puskas Award.

I. Eka Setiawan

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini