Sukses

5 Pemain Terbaik Juventus Ini Dibeli Gratis

Juventus pandai memoles pemain yang dibeli gratisan menjadi pemain mahal.

Liputan6.com, Jakarta - Juventus terkenal jadi klub yang jitu memoles pemain gratis. Pemain berstatus bebas transfer biasanya sudah tak dibutuhkan oleh klub. Demi penghematan gaji pemain, klub memilih untuk lepas pemain yang sudah habis masa kontraknya.

Banyak klub yang biasanya ogah menampung pemain bebas transfer yang bisa disebut buangan itu. Tapi tidak dengan Juventus. Klub bermarkas di Turin ini justru mampu menyulap pemain buangan menjadi emas.

Cara mereka mendidik dan memperlakukan pemain dipercaya sebagai kunci kesuksesan mereka memoles pemain buangan, hingga akhirnya banyak klub lain tergiur dan rela membelinya dengan harga mahal.

Lihat saja bagaimana Paul Pogba. Dibuang oleh Manchester United (MU) pada tahun 2012, Juventus menampungnya secara cuma-cuma alias gratis.

Nyonya Tua kemudian menyulapnya menjadi "perhiasan" mahal, dan MU sampai harus mengeluarkan uang sebesar Rp 1,5 triliun untuk mendapatkannya kembali pada musim panas 2016. Nilai transfer tersebut pun memecahkan rekor transfer termahal dunia yang sebelumnya dipegang Gareth Bale saat diboyong Real Madrid dari Tottenham Hotspurs.

Tak hanya Pogba, masih ada beberapa pemain bebas transfer lainnya yang berhasil dimanfaatkan Juventus dengan sangat baik. Berikut daftarnya:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Sami Khedira

Sami Khedira direkrut Juventus secara gratis pada 1 Juli 2015 dengan status bebas transfer setelah kontraknya tak diperpanjang oleh Real Madrid. Ia dikontrak hingga 30 Juni 2019.

Sempat menderita cedera di awal masanya di Turin, Khedira kemudian bangkit pascasembuh. Bukannya melempem, gelandang internasional Jerman itu justru semakin menunjukkan kematangannya dalam memimpin lini tengah Bianconeri. Perannya bagi Juventus tak kalah dibanding pemain-pemain lain yang dibeli dengan harga mahal.

Belakangan, Khedira mengungkapkan dirinya bersyukur dapat menjadi bagian dari Juventus. Ia mengatakan, bergabung dengan Juventus adalah pilihan yang tepat dan ia merasa permainannya berkembang sejak saat itu.

Musim ini, Khedira termasuk pemain pilihan utama pelatih Massimiliano Allegri di starting line-up. Sejauh musim ini, pemain berusia 29 tahun itu telah tampil sebanyak 35 kali, dan menyumbang 4 gol dan 2 assist.

3 dari 5 halaman

Andrea Pirlo

Sebelum Khedira, Juventus punya Andrea Pirlo, yang juga direkrut secara gratis. Setelah 10 tahun bermain untuk AC Milan, gelandang yang dikenal dengan ketenangan dan tendangan bebas mematikannya itu bergabung dengan Bianconeri pada musim panas 2011.

Pirlo bermain untuk Juventus selama empat musim, sebelum akhirnya ia hijrah ke Major League Soccer (MLS) dengan bergabung bersama New York City.

Selama kurun waktu tersebut, kehebatan Pirlo belum habis. Ia menjadi gelandang andalan Juventus dan ia masih menakutkan tiap kali mengambil tendangan bebas. Ia pun turut mempersembahkan empat gelar Scudetto bagi si Nyonya Tua dan sempat pula membawa Juventus lolos ke Final Liga Champions tahun 2015.

Baru-baru ini, Juventus mengumumkan bahwa mereka ingin menjadikan pemain berusia 36 tahun itu sebagai duta merek mereka selepas pensiun nanti.

4 dari 5 halaman

Fernando Llorente

Juventus mendapatkan Fernando Llorente secara gratis pada musim panas 2013, setelah sebelumnya sang pemain membela Athletic Bilbao selama sembilan musim. Ia bermain untuk Juventus selama dua tahun.

Bersama Juventus, Llorente menghapus kutukan bahwa pemain Spanyol sulit beradaptasi di Serie A. Buktinya, ia mencetak 23 gol dan 6 assist dalam 66 laga di Serie A. Total, ia membukukan 27 gol dan 10 assist selama berseragam Juventus.

Sayang, umur Llorente di Juventus hanya berlangsung singkat. Ia kembali lagi ke Spanyol pada tahun 2015, dengan bergabung bersama Sevilla, sebelum akhirnya dibeli Swansea City musim panas tahun lalu.

Musim ini, sejauh ini penyerang 32 tahun itu sudah mengemas 11 gol di Liga Inggris.

5 dari 5 halaman

Dani Alves

Rekrutan gratis teranyar Juventus yang tak kalah hebat adalah Dani Alves. Alves meninggalkan Barcelona dengan status bebas transfer pada musim panas tahun lalu, setelah membela klub Catalan selama delapan musim. Ia dikontrak selama dua tahun, sampai Juni 2018.

Di usianya yang kini menginjak angka 33, kehebatan Alves nyatanya belum habis. Juventus masih dapat merasakan peran yang sangat besar atas kehadiran bek kanan Brazil itu.

Sejauh musim ini, Alves telah menyumbang 3 gol dan 5 assist dalam 22 penampilan. Meski sudah berusia uzur, keakuratan Alves dalam memberikan umpan bisa dimanfaatkan Juventus.

Terbukti saat masih di Barcelona, Alves menjadi pencipta assist terbanyak untuk gol Lionel Messi. (Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

  • Gratis

Video Terkini