Sukses

4 Laga Banjir Kartu Merah di Liga Inggris

Duel Liverpool dan Everton menjadi laga paling kotor Liga Inggris dengan 21 kartu merah.

Liputan6.com, London - Setelah istirahat jeda internasional, Liga Inggris kembali bergulir akhir pekan ini. Fokus akan tertuju ke duel Arsenal dan Manchester City, Minggu (2/4/2017).

Namun, derby Liverpool dan Everton sehari sebelumnya juga tidak kalah sengit. Kedua klub mempertaruhkan gengsi untuk menjadi yang terbaik di Merseyside.

Pemain kedua tim akan menempuh berbagai cara demi memenangkan pertandingan. Salah satunya dengan bermain kasar. Maka, pertemuan kedua klub ini pun menjadi partai paling kotor di Liga Inggris.

Sejak Liga Inggris berevolusi pada 1992, sudah 21 kartu merah hadir pada 49 duel. Jumlah itu sangat tinggi mengingat laga ini dijuluki friendly derby.

Sebanyak tiga di antaranya dikeluarkan wasit pada pertandingan September 1999. Pada kesempatan itu itu, duo Liverpool Sander Westerveld dan Steven Gerrard serta striker Everton Francis Jeffers terkena kartu merah.

Gerrard dan Phil Neville (Everton) bisa dicap pemain paling kasar karena sama-sama diusir pengadil dua kali.

Selain laga ini, pertandingan Liga Inggris apa lagi yang menghadirkan banyak kartu merah? Berikut penelusuran Liputan6.com.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Liverpool vs Manchester United

Bek Manchester United (MU) Nemanja Vidic mendapat empat kartu merah pada pertandingan melawan Liverpool. (AFP/Andrew Yates)

Kehadiran laga ini tidak mengherankan mengingat sejarah panjang rivalitas kedua klub. Sebanyak 16 kartu merah hadir pada pertarungan Liverpool dan MU di Liga Inggris.

Bek MU Nemanja Vidic menjadi alasan mengapa laga ini banjir kartu merah. Pemain asal Serbia ini menerima kartu merah pada September 2008, Maret 2009, Oktober 2009, dan Maret 2014.

Selain Vidic, pemain lain yang juga sering menerima kartu merah adalah Gerrard dan Javier Mascherano. Keduanya masing-masing diusir dua kali.

3 dari 4 halaman

Everton vs Newcastle

Berada di urutan ketiga laga paling kotor Liga Inggris dengan menghasilkan 15 kartu merah. Keberadaan partai ini sebenarnya cukup mengherankan karena kedua klub tidak memiliki sejarah permusuhan.

Duel Everton dan Newcastle United menghadirkan 15 kartu merah. (AFP/Paul Ellis)

Kegagalan pemain menjaga disiplin jadi alasan mengapa laga ini melesat ke papan atas. Termasuk pada laga terakhir kedua klub sebelum Newcastle tergusur ke Championship, musim lalu. Pada duel itu, Jamaal Lascelles diusir wasit.

Pertandingan September 2003 dan September 2006. Di sana, kedua tim masing-masing menerima satu kartu merah.

4 dari 4 halaman

Liverpool vs Newcastle

Berada di urutan keempat partai kotor Liga Inggris karena menghadirkan 14 kartu merah. Seperti Everton vs Newcastle, laga ini hadir karena keteledoran pemain, bukan karena persaingan panjang kedua klub.

Kubu Newcastle menjadi pihak paling bersalah. Sebanyak sembilan dari 10 kartu merah terakhir ditujukan ke pemain The Magpies.

Pada periode itu, hanya satu penggawa Liverpool yang dikeluarkan wasit. Dia adalah kiper Pepe Reina.

Laga Liverpool dan Newcastle United menghasilkan 14 kartu merah. (Reuters/Andrew Yates)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Liga Inggris atau lebih dikenal dengan Liga Primer Inggris merupakan kompetisi utama di Inggris yang diikuti 20 tim untuk mendapatkan gelar

    Liga Inggris

  • Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana
    Liverpool FC merupakan klub tersukses asal Inggris di eropa. Raihan 5 trofi dari 7 final menjadi bukti betapa berbahayanya Liverpool di rana

    Liverpool

  • Everton adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Liverpool, Inggris.
    Everton adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Liverpool, Inggris.

    Everton

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris
    Newcastle United adalah klub sepak bola yang berasal dari kota Newcastle, Inggris

    Newcastle United

  • Kartu Merah