5 Bocah Berbakat La Masia Calon Bintang Baru Barcelona

Oleh Thomas pada 24 Mar 2017, 08:24 WIB
Diperbarui 24 Mar 2017, 08:24 WIB
Logo Barcelona
Perbesar
Logo Barcelona

Liputan6.com, Jakarta Barcelona dikenal memiliki akademi yang rajin mencetak pemain kelas dunia, La Masia. Pemain-pemain bintang macam Carles Puyol, Xavi Hernandez, Andres Iniesta, Victor Valdes hingga Lionel Messi merupakan jebolan La Masia. 

Namun sejak promosinya Messi dan Sergio Busquets, La Masia kesulitan mencetak bintang besar. Beberapa jebolan La Masia yang diharapkan jadi pemain bintang banyak yang layu sebelum berkembang seperti Giovani Dos Santos, Isaac Cuenca, Cristian Tello, Adama Traore hingga Gerard Deulofeu.

Meski demikian, fans Barcelona masih bisa berharap banyak La Masia akan kembali menyuplai pemain bintang ke tim senior El Barca. Saat ini cukup banyak talenta berbakat di La Masia yang siap diorbitkan ke tim utama dalam beberapa tahun mendatang.

Berikut 5 pemain remaja Barcelona yang diperkirakan bisa bersinar menggantikan Messi cs seperti dilansir Goal:

 

2 dari 6 halaman

1. Carlos Alena

Carlos Alena
Perbesar
Carlos Alena

1. Carlos Alena

Alena baru berusia 18 tahun. Dia diyakini akan menjadi talenta berikutnya yang menembus tim utama Barcelona. Berposisi sebagai gelandang, Alena sudah mendapat kesempatan debut di tim senior. Dia bahkan mampu mencetak gol saat Barcelona melawan Hercules di Copa del Rey awal musim ini.

Putra dari Francesc ini mengidolai Rivaldo. Alena awalnya bermain di posisi yang sama dengan sang idola sebelum akhirnya nyaman bermain sebagai gelandang tengah.

Alena juga bisa dimainkan di sayap kanan meski kaki terkuatnya adalah kaki kiri. Alena diperkirakan akan segera menembus tim utama musim depan. Alena saat ini main di Barca B. Dia sudah sering bermain di kelompok umur yang pesertanya lebih tua darinya.

 

3 dari 6 halaman

2. Oriol Busquets

Oriol Busquets
Perbesar
Oriol Busquets

2. Oriol Busquets

Namanya memang mirip dengan gelandang Barcelona Sergio Busquets. Namun keduanya sama sekali tidak memiliki hubungan keluarga. Oriol merupakan putra dari mantan kiper jebolan La Masia Jordi Busquets.

Oriol juga berposisi sebagai pemain tengah. Remaja 18 tahun ini punya kemampuan menyerang lebih baik dari Sergio. Jika Sergio merupakan gelandang bertahan, Oriol menempati posisi pengatur serangan. Dia rajin menusuk ke pertahanan lawan.

Dengan akan pensiunnya Andres Iniesta dalam waktu dekat, peluang Oriol naik ke tim senior cukup terbuka lebar.

 

4 dari 6 halaman

3. Seung Woo Lee

Lee Seung-woo
Perbesar
Lee Seung-woo

3. Seung Woo Lee

Pemuda Korea Selatan ini digadang-gadang sebagai titisan Lionel Messi. Gaya main Lee mirip dengan Messi. Pemain 19 tahun ini memang memiliki skill olah bola lengkap dan akurtasi tembakan mematikan. Lee rajin mencetak gol.

Selain sebagai striker utama, Lee juga bisa ditempatkan sebagai gelandang serang. Bakat Lee ditemukan pencari bakat Barcelona tahun 2010 di ajang Danone Cup.

Lee sukses memecahkan rekor Messi di tim U-13 Barcelona dengan mencetak 39 gol dari 29 laga. Sayangnya perkembangan Lee sempat terganggu akibat sanksi FIFA kepada Barcelona pada tahun 2014 menyoal transfer pemain dibawah umur.

Sanksi FIFA membuat Lee selama hampir tiga tahun tidak dapat membela Barcelona di laga resmi dan hanya bisa bermain di pertandingan persahabatan. Musim depan Lee kemungkinan akan dipromosikan ke tim Ba Barcelona.

 

5 dari 6 halaman

4. Alex Collado

Alex Collado
Perbesar
Alex Collado

4. Alex Collado

Gaya main Alex Collado mirip David Silva. Saat ini Collado masih bermain untuk tim Juvenil A Barcelona. Dia baru berusia 17 tahun dan punya kaki kiri yang istimewa.

Collado punya kelebihan memberikan umpan-umpan akurat serta kemampuan mengolah si kulit bundar di atas rata-rata.

 

6 dari 6 halaman

5. Jordi Mboula

Jordi Mboula
Perbesar
Jordi Mboula (Ist)

5. Jordi Mboula

Mboula menciru perhatian ketika mencetak gol spetakuler untuk tim Juvenil A di Liga Champions Junior melawan Borussia Dortmunbd. Mboula melakukan solo-run dari tengah lapangan sebelum menjebol gawang Dortmund. Gol Mboula ini mirip dengan yang sering dilakukan Lionel Messi.

Pemuda 17 tahun ini memiliki kecepatan dan postur yang tinggi besar. Mboula sering digadang-gadang sebagai calon pengganti Thierr Henry.

Mboula biasanya beroperasi dari sektor sayap. Namun dia juga punya sundulan mematikan. Musim ini di Liga Champions Junior, Mboula sudah mengoleksi tujuh gol.

 

Lanjutkan Membaca ↓