Sukses

Atur Skor Piala Dunia, Wasit Ghana Dihukum Seumur Hidup

FIFA hukum wasit asal Ghana seumur hidup karena sudah melanggar kode disiplin saat pimpin kualifikasi Piala Dunia.

Liputan6.com, Jakarta - FIFA akhirnya menjatuhkan sanksi keras kepada wasit asal Ghana, Joseph Lamptey usai diketahui sudah lakukan pengaturan skor di kualifikasi Piala Dunia 2018. Lamptey terbukti bersalah langgar kode disiplin FIFA saat memimpin laga kualifikasi antara Afrika Selatan melawan Senegal pada November 2016.

Keputusan ini sekaligus membebaskan tuduhan kepada ofisial asal Ghana lainnya, David Lionheart Nii. Dia dibebaskan dari sanksi setelah dilakukan investigasi.

Pada laga yang dimenangkan Afrika Selatan 2-1 atas Senegal itu, Lamptey diketahui sudah berikan penalti tepat sebelum jeda babak pertama laga kualifikasi Piala Dunia itu dibunyikan.

"Komite Disiplin FIFA sudah memutuskan larang wasit Ghana, Joseph Lamptey pimpin pertandingan di segala jenis kegiatan yang berkaitan dengan sepak bola baik level nasional atau internasional seumur hidup," bunyi pernyataan FIFA seperti dilansir Mirror.

"Ofisial sudah langgar pasal 69 ayat 1 (secara ilegal pengaruhi hasil pertandingan) kode disilin FIFA di kualifikasi Piala Dunia 2018 antara Afrika Selatan vs Senegal pada 12 November 2016."

"Terkait status laga Afrika Selatan vs Senegal akan diputuskan tepat setelah ada keputusan hukum mengikat."

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini