Sukses

Maradona Coba Ulangi 'Gol Tangan Tuhan' di Korsel, Hasilnya?

Gol Tangan Tuhan Jilid I dicetak Maradona ke gawang Inggris pada Piala Dunia 1986.

Liputan6.com, Jakarta 'Gol Tangan Tuhan' kembali lagi. Diego Maradona mereka ulang teknik culas yang menghancurkan timnas Inggris di Piala Dunia 1986.

Saat itu, Inggris masih mampu menahan Argentina tanpa gol hingga turun minum. Namun petaka terjadi enam menit setelah babak kedua dimulai.

Gelandang Inggris, Steve Hodge yang berusaha menghalau bola justru membuat gawangnya terancam. Pasalnya, si kulit bundar melambung ke arah gawang sendiri.

Kiper Inggris, Peter Shilton dengan sigap keluar dari sarangnya. Namun di sinilah awal petaka terjadi. Saat hendak meninju bola, Maradona yang sudah berada di depannya ikut melompat. Sadar kalah postur, pemain bernomor punggung 10 itu secepat kilat menjangkau bola dengan tangannya.

Dengan gerakan pura-pura menyundul, Maradona berhasil mengarahkan bola ke jala Inggris. Sejurus kemudian, Maradona berlari merayakan gol tersebut.

Inggris protes. Namun wasit Ali Bin Nasser dari Tunisia bergeming. Dia tetap menunjuk titik kick off sebagai pertanda gol itu sah dan Argentina unggul 1-0.

Empat menit kemudian, Maradona kembali menambah keunggulan Argentina lewat aksi menawan dengan melewati 5 pemain lawan. Gary Lineker sempat memperkecil ketertinggalan Inggris pada menit ke-81. Namun Argentina tetap melaju ke semifinal setelah mempertahankan keunggulan 2-1 hingga usai.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Gol Tangan Tuhan Jilid II

Puluhan tahun berlalu, Maradona ternyata belum lupa cara melakukan 'Gol Tangan Tuhan'. Meski tidak sampai berbuah gol, teknik curang ini sempat ditunjukkannya saat tampil dalam pertandingan eksebisi lima lawan lima di Korea Selatan yang menjadi bagian dari promosi kejuaraan Piala Dunia U-20.

Seperti dilansir Dailymail.co.uk, dalam laga Senin lalu, Maradona sempat berusaha menyentuh bola saat berduel dengan kiper lawan yang masih remaja. Sembari mengangkat satu tangannya, mantan pemain Boca Juniors itu ingin mengulang lagi kesuksesannya mengelabui wasit di Piala Dunia 1986.

Sayang, kali ini upaya Maradona tidak berbuah gol. Sebaliknya, dia justru menerima kartu kuning dari wasit karena dengan sengaja menyentuh bola.

Piala Dunia Remaja merupakan momen penting dalam perjalanan karier Maradona. Dia berhasil memenangkan turnamen ini pada tahun 1979. Tujuh tahun kemudian, barulah Maradona pertama kali tampil di Piala Dunia Meksiko.

Maradona dan eks rekan satu timnya di timnas Argentina, Pablo Aimar hadir di Korea Selatan untuk memandu acara drawing yang berlangsung di Suwon, Selasa (14/3/2017). Hasil undian menempatkan Inggris, Argentina, Guinea dan tuan rumah Korea Selatan pada Grup A. Timnas Inggris besutan Paul Simpson akan bertemu Argentina di Jeonju World Cup Stadium, 20 Mei 2017.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.