Perjalanan Arema FC di Piala Presiden 2017 Hingga Jadi Juara

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 13 Mar 2017, 17:15 WIB
Diperbarui 13 Mar 2017, 17:15 WIB
Arema FC Rengkuh Gelar Juara Piala Presiden 2017
Perbesar
Presiden Joko Widodo menyerahkan trofi kepada Kapten tim Arema FC, Johan Ahmat Farizi usai final di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Minggu (12/3). Arema menang 5-1 atas PBFC dan berhasil merengkuh trofi Piala Presiden. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Bogor - Arema FC menjadi kampiun Piala Presiden 2017. Sejak awal turnamen, performa tim besutan Aji Santoso itu memang sangat menjanjikan. Tergabung di Grup B bersama Bhayangkara FC, Persija Jakarta, dan PS TNI, Arema FC keluar sebagai juara grup.

Klub berjulukan Singo Edan itu mengawali kiprahnya di Piala Presiden 2017 dengan kemenangan 2-0 atas Bhayangkara FC di Stadion Kanjuruhan, 5 Februari 2017. Dua gol kemenangan Arema dicetak oleh Esteban Vizcarra dan Deni Santoso.

Arema FC di Piala Presiden 2017 (Liputan6.com / Rana Adwa)

Pada laga kedua, Arema FC sempat menemui kesulitan kala menghadapi Persija, 11 Februari lalu. Sempat tertinggal, melalui gol Jonathan Mariano pada menit ke-10, Arema berhasil menyamakan skor pada menit ke-22 melalui gol Cristian Gonzales. Pertandingan itu pun berakhir imbang 1-1.

Di pertandingan pamungkas, Singo Edan memastikan diri keluar sebagai juara Grup B setelah menang 4-0 atas PS TNI. Gonzales menjadi bintang di laga ini dengan dua gol yang dicetaknya. Dua gol Singo Edan lainnya dicetak Dendi Santoso dan Esteban Vizcarra.

Gol Adam Alis

Mengumpulkan tujuh poin, Arema lolos ke babak delapan besar dan harus menghadapi runner up terbaik, Sriwijaya FC. Bermain di Stadion Manahan Solo, 26 Februari 2017, Singo Edan menang 1-0 atas Sriwijaya berkat gol tunggal Adam Alis.

Pemain tengah Arema FC, Adam Alis (kedua kiri) melompat menghindari pemain Sriwijaya FC saat laga 8 besar Piala Presiden 2017 di Stadion Manahan, Solo, Minggu (26/2). Arema melaju ke semifinal setelah unggul 1-0. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Di babak semifinal yang menggunakan format home and away, Arema harus menjalani partai berat melawan Semen Padang. Pada leg pertama yang berlangsungĀ  di Stadion Agus Salim, Semen Padang menang 1-0 atas Singo Edan berkat gol Marcel Sacramento dari titik penalti.

Arema sempat dibikin panik oleh Semen Padang pada leg kedua di Stadion Kanjuruhan, 5 Maret 2017. Klub berjulukan Kabau Sirah itu mencetak dua gol cepat melalui Marcel Sacramento dan Vendry Mofu.

Namun semangat juang dan mental juara Singo Edan tak padam. Mereka membalikkan keadaan dengan lima gol yang dicetak oleh Gonzales. Singo Edan pun lolos ke partai final setelah menang agregat 5-3.

Cristian Gonzales mencetak tiga gol di partai final Piala Presiden 2017. (Liputan6.com/Helmi Fitriansyah)

Menang Telak di Final

Arema menantang Pusamania Borneo FC (PBFC) yang berhasil menyingkirkan Persib Bandung. Partai final Piala Presiden 2017 berlangsung di Stadion Kanjuruhan, Malang, Minggu (12/3/2017) malam WIB.

Dalam partai final Piala Presiden 2017, Singo Edan menang telak 5-1 atas PBFC. Gol-gol Arema lahir lewat tiga gol Cristian Gonzales, satu gol Hanif Sjahbandi, dan gol bunuh diri Michael Orah. Sementara gol PBFC tercipta lewat Firly Apriansyah.

Kebahagian Arema FC kian lengkap setelah Gonzales menjadi top skorer Piala Presiden dengan 11 gol. Selain itu, geladang Singo Edan, Adam Alis terpilih sebagai pemain terbaik.

Gelandang Arema FC, Adam Alis mengangkat trofi pemain terbaik Piala Presiden 2017 usai laga final di Stadion Pakansari, Kab Bogor, Minggu (12/3). Arema menang 5-1 dan merengkuh trofi Piala Presiden. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)