Duel Terakhir Perebutan Top Scorer Piala Presiden 2017

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 11 Mar 2017, 17:15 WIB
Diperbarui 11 Mar 2017, 17:15 WIB
Pemain Semen Padang, Marcel Sacramento (kanan) dan Vendry Mofu, masuk daftar top scorer Piala Presiden 2017.
Perbesar
Pemain Semen Padang, Marcel Sacramento (kanan) dan Vendry Mofu, masuk daftar top scorer Piala Presiden 2017. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Liputan6.com, Bogor - Meski gagal melaju ke final Piala Presiden 2017, Semen Padang masih bisa bangga dengan prestasi yang dibuat Marcel Sacramento. Penyerang asal Brasil memiliki peluang besar untuk menggondol gelar Top Scorer Piala Presiden.

Laga perebutan peringkat ketiga Piala Presiden melawan Persib Bandung di Stadion Pakansari, Bogor, Sabtu (11/3/2017), menjadi kesempatan terakhir bagi Marcel. Syaratnya, ia harus bisa menambah pundi-pundi golnya untuk menguasai daftar klasemen top scorer.

Kehadiran Marcel memang menjadi warna tersendiri bagi sepak bola Indonesia. Meski terbilang pendatang baru, ia langsung tampil mengejutkan di Torabika Soccer Championship (TSC) 2016. Ia pun disebut-sebut sebagai rekrutan terbaik Semen Padang.

Pemain Semen Padang, Marcel Sacramento pada laga Piala Presiden 2017. (Bola.com/Nicklas Hanoatubun)

Sepanjang TSC 2016, ia mampu mengemas 21 gol. Sayang, ia masih terpaut empat gol dari penyerang Sriwijaya FC Alberto Goncalves yang menyabet gelar sepatu emas. Namun, kehebatannya tetap membuat Marcel sebagai pemain favorit versi fans di TSC 2016 dengan 6.703 suara.

Usai TSC, ia kembali pamer kebolehan di Piala Presiden 2017. Tercatat, ia sudah mengoleksi enam gol, terpaut dua gol dari bomber Arema FC Cristian Gonzales yang memuncaki daftar. Namun, bukan tidak mungkin Marcel bisa melampaui torehan El Loco.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Marcel Vs El Loco

Sayangnya, kabar tak sedap justru didapat tim Kabau Sirah mengenai kondisi Marcel. Menurut pelatih Nil Maizar, Marcel dalam kondisi sakit hingga tak terlihat saat tim menjalani sesi uji coba lapangan, Jumat (10/3/2017).

"Marcel sedang demam. Ia ditinggal di hotel. Ada empat pemain yang kondisinya harus saya pantau. Tapi, siapa pun yang bermain, kami harus menunjukkan bahwa Semen Padang bisa tampil maksimal," kata Nilmaizar.

Jika tak dimainkan, sudah pasti Marcel kehilangan kesempatan menjadi top scorer Piala Presiden 2017. Namun, kalau pun dimainkan, ia juga harus kerja keras untuk melampaui koleksi gol El Loco. Terlebih, El Loco bakal kembali bermain saat Arema melawan Pusamania Borneo FC (PBFC) di final, Minggu (12/3/2017).

Mantan pemain Persik Kediri tersebut melesat ke puncak daftar top skorer usai penampilan sensasionalnya saat melawan Semen Padang pada leg kedua semifinal. Tak tanggung-tanggung, penyerang berusia 40 tahun itu memborong lima gol kemenangan tim Singo Edan.

Striker Arema FC, Cristian Gonzales (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Berkat aksinya, Arema pun lolos ke final dengan keunggulan agregat 5-3 atas Semen Padang. El Loco pun kini memiliki kesempatan untuk mempertegas statusnya sebagai salah satu bomber yang cukup ditakuti di Indonesia. Sebelumnya, empat gelar top scorer Liga Indonesia, satu gelar di Indonesia Super League (ISL), dan satu di Piala Indonesia pernah direbutnya.

Siapa pun pemenangnya nanti, yang pasti Top Scorer Piala Presiden 2017 berhak membawa pulang hadiah Rp 100 juta.

Scroll down untuk melanjutkan membaca

Daftar Top Scorer Piala Presiden 2017

1. Cristian Gonzales (Arema FC): 8 gol
2. Marcel Sacramento (Semen Padang): 6 gol
3. Vendri Mofu (Semen Padang): 5 gol
4. Atep (Persib) : 3 gol
5. Vladimir Vujovic (Persib): 3 gol
6. Sergio Van Dijk (Persib): 3 gol
7. Marlon Da Silva (Persiba): 3 gol

Lanjutkan Membaca ↓