Liga Champions: Sergio Ramos 2 Gol, Real Madrid Lolos 8 Besar

Oleh Ahmad Fawwaz Usman pada 08 Mar 2017, 04:40 WIB
Diperbarui 08 Mar 2017, 04:40 WIB
Napoli vs Real Madrid
Perbesar
Sergio Ramos menjadi pahlawan kemenangan Real Madrid atas Napoli pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2016/2017 di Stadio San Paolo, Rabu (8/3/2017) dinihari WIB. (Ciro Fusco/ANSA via AP)

Liputan6.com, Napoli - Real Madrid memastikan diri lolos ke 8 besar Liga Champions 2016/2017. Sukses itu didapat setelah Madrid menang 3-1 atas Napoli pada leg kedua 16 besar di Stadio San Paolo, Rabu (8/3/2017) dinihari WIB.

Berkat kemenangan itu, Real Madrid unggul agregat 6-2 atas Napoli. Pahlawan kemenangan Madrid pada laga kali ini adalah Sergio Ramos. Kapten sekaligus bek tengah Madrid itu memborong dua gol lewat sundulan.

Napoli yang kalah 1-3 di Santiago Bernabeu langsung menekan Real Madrid begitu pertandingan dimulai. Laga belum genap berjalan dua menit, Lorenzo Insigne sudah membuat kiper Keylor Navas ketar-ketir. Namun, peluang yang didapat Insigne belum bisa dimaksimalkan.

Di menit ke-13, Insigne memaksa Navas membuat penyelamatan gemilang. Tendangan keras Insigne dari luar kotak penalti ke sisi kanan gawang masih bisa ditepis Navas. Saat Napoli gencar menyerang, Madrid justru tampil lebih tenang sambil menunggu kesempatan.

Hingga menit ke-25, penguasaan bola masih menjadi milik Napoli. Kebuntuan Napoli akhirnya terpecahkan di menit ke-24. Operan cantik Hamsik sukses dimaksimalkan Dries Mertens yang lolos dari jebakan offside. Skor jadi 1-0 untuk Napoli.

Di menit ke-29, Los Blancos mendapatkan peluang emas untuk menyamakan skor. Menerima umpan terobosan, Ronaldo sejatinya sudah melewati kiper Reina. Sialnya, tendangan mendatarnya justru hanya membentur tiang kiri gawang Napoli.

Memasuki menit ke-37, Napoli nyaris mencetak gol kedua ke gawang Real Madrid. Namun, tendangan mendatar Mertens hanya membentur tiang kanan gawang Madrid. Keunggulan 1-0 Napoli itu bertahan hingga babak pertama berakhir.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Di babak kedua, pelatih masing-masing kedua tim sama-sama tak melakukan perubahan susunan pemain. Keputusan yang diambil Zinedine Zidane terbukti jitu. Di menit ke-52, mereka sukses menyamakan skor jadi 1-1.

Bola sepak pojok yang dilepaskan Toni Kroos sukses dimaksimalkan Ramos lewat tandukannya. Dengan gol tersebut, Napoli harus mencetak tiga gol tambahan jika ingin lolos ke babak berikutnya atau setidaknya mencetak dua gol untuk melanjutkan laga ke babak tambahan.

Lima menit kemudian, Ramos kembali mencatatkan namanya di papan skor. Proses terciptanya gol itu mirip dengan sebelumnya. Kapten Madrid itu mengkonversi sepak pojok Kroos lewat sundulan. Bola yang sempat mengenai kepala Mertens pada akhirnya dianggap sebagai gol bunuh diri.

Ekspresi Sergio Ramos usai mencetak gol kedua Real Madrid ke gawang Napoli pada leg kedua 16 besar Liga Champions 2016/2017 di Stadio San Paolo, Rabu (8/3/2017) dinihari WIB. (AP Photo/Andrew Medichini)

Napoli masih berjuang untuk memberikan perlawanan. Di menit ke-65, mereka nyaris membuat skor kembali menjadi imbang. Sayang, tendangan Marko Rog yang masuk menggantikan Allan masih melambung di atas mistar gawang Madrid.

Napoli kembali mencoba peruntungan dengan menarik Insigne dan memasukkan Arkadiusz Milik di menit ke-70. Milik sendiri sudah mengoleksi tiga gol dari tiga penampilan di Liga Champions musim ini.

Di menit ke-74, serangan balik cepat Madrid yang dipimpin Ronaldo nyaris menciptakan gol. Namun, Benzema tak mengontrol bola dengan baik usai menerima umpan meski dalam posisi yang bagus. Pada akhirnya, Benzema ditarik dan digantikan Alvaro Morata di menit ke-77.

Di menit ke-83, peluang emas didapat Daniel Carvajal. Sialnya, meski sudah di depan gawang Napoli, tendangannya malah melambung jauh dari sasaran. Gol ketiga akhirnya didapat Madrid di menit ke-90+1. Adalah Morata yang menutup pesta kemenangan Madrid.

Susunan Pemain:

Napoli (4-3-3): Pepe Reina; Albiol, Koulibaly, Hysaj, Ghoulam, Hamsik (Zielinski 75), Allan (Rog 56), Diawara, Mertens, Callejon, Insigne (Milik 70)

Madrid (4-3-3): Navas; Ramos, Pepe, Marcelo, Carvajal, Modric (Isco 80), Kroos, Casemiro, Ronaldo, Benzema (Morata 77), Bale (Vazquez 68)

Lanjutkan Membaca ↓