Sukses

Alasan AC Milan Harus Dapatkan Aubameyang

AC Milan tertarik pada pemain asal Gabon tersebut.

Liputan6.com, Jakarta - Striker Borussia Dortmund, Pierre Emerick Aubameyang tengah menjadi incaran AC Milan. Itu setelah performanya yang gemilang di Bundesliga Jerman bersama Die Borussien.

AC Milan sebetulnya pernah memiliki Aubameyang. Ya, striker asal Gabon ini pernah menimba ilmu di akademi Rossoneri dari Januari 2007 hingga awal 2008.

Ketika itu, Aubameyang sebetulnya sudah mencuri perhatian. Turun di turnamen pramusim Champions Youth Cup, Aubameyang mendapat trofi Roberto Bettega usai menjadi top skor di turnamen itu dengan tujuh gol.

Sayang, Milan ternyata tak mempermanenkan Aubameyang. Milan membiarkan Aubameyang gabung ke Saint Etienne pada Desember 2011 usai meminjamkannya ke sejumlah klub.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Tebus Kesalahan

Kini, AC Milan sepertinya ingin menebus kesalahannya tersebut. Milan disebut menjadikan Aubameyang buruan utama di bursa transfer musim panas nanti.

Aubameyang dianggap bisa menambah tajam lini depan AC Milan di musim depan. Anggapan tersebut bukan tanpa alasan.

Aubameyang punya statistik yang lebih baik jika dibanding striker AC Milan saat ini, Carlos Bacca, dan striker Liverpool yang kabarnya juga diincar Milan, Daniel Sturridge.

Dari 21 kali main di Bundesliga musim ini, Aubameyang membukukan 21 gol. Jumlah itu mengungguli jumlah gol Bacca (11 gol). Padahal, Bacca punya jumlah pertandingan lebih banyak (23 kali). Sementara, Sturridge hanya mencetak 2 gol dari 14 kali main di Liga Inggris musim ini.

Komparasi Aubameyang, Bacca, dan Sturridge (Statistik: Squawka)
Bukan hanya itu, Aubameyang juga unggul dalam hal membuat kesempatan (chances created) dan melesakkan operan kunci (key passes). Striker berusia 27 tahun ini membuat 18 kesempatan dan 17 operan kunci.

Bagaimana dengan Bacca? Striker asal Kolombia tersebut mengemas 13 chances created dan 12 key passes. Sturridge sendiri hanya membuat 8 kesempatan dan 7 operan kunci.

3 dari 3 halaman

Bukan perkara mudah

Aubameyang sendiri pernah berujar kalau ia memang ingin hengkang di musim panas nanti. Namun memboyong Aubameyang kembali tampaknya tak mudah buat Milan.

Pasalnya, Aubameyang pernah berujar kalau ia tertarik pindah ke Real Madrid. "Real Madrid masih mimpi, tapi ada banyak yang membicarakan soal itu sekarang," kata Aubameyang akhir Januari lalu seperti dilansir Independent.

Di sisi lain, menurut situs transfermarkt, Aubameyang saat ini punya harga transfer senilai 55 juta poundsterling. Kontraknya dengan Dortmund pun baru akan habis di musim 2020.

Dengan kondisi itu harga transfer Aubameyang diprediksi bakal meroket. Apalagi, jika Aubameyang tampil konsisten membobol gawang lawan Dortmund hingga akhir musim.

Bagaimana Milan, masih berminat?

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini