Sukses

5 Bintang Yunani yang Berkiprah di Liga Italia Musim Ini

Liga Italia salah satu liga Eropa yang banyak diminati pemain-pemain asal Yunani.

Liputan6.com, Milan - Kiprah pemain-pemain asal Yunani di liga-liga Eropa tak bisa dipandang sebelah mata. Kapasitas yang mereka miliki membuat mereka mampu bersaing dengan pemain-pemain top dunia.

Sebelumnya, ada Georgios Karagounis yang pernah membela Inter Milan di Liga Italia pada 2003-2005. Lalu ada mantan kapten timnas Yunani, Theodorus Zagorakis yang pernah bermain untuk Bologna pada musim 2004/2005. Dan ada pula Giorgios Samaras yang pernah memperkuat Manchester City pada 2006-2008.

Sejak menjuarai Piala Eropa 2004 di Portugal, negeri asal filsuf kuno itu tak berhenti melahirkan pemain-pemain berbakat. Mereka kini tersebar di sejumlah kompetisi di Eropa.

Serie A Liga Italia menjadi salah satu kompetisi di Eropa yang di dalamnya terdapat banyak pemain Yunani, selain Bundesliga. Tercatat, ada lima bintang asal Yunani di Liga Italia musim ini. Berikut lima pemain tersebut.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Orestis Karnezis (Udinese)

Orestis Karnezis adalah kiper timnas Yunani milik Udinese. Ia direkrut pada tahun 2013 dari Panathinaikos seharga 800 ribu euro.

Orestis Karnezis (Pinterest)

Sempat dipinjamkan ke Granada selama satu musim (2013/2014), kiper dengan tinggi badan 190 sentimeter itu kini menjadi kiper nomor satu Udinese. Musim ini ia selalu tampil 90 menit penuh dalam 27 pertandingan, dengan catatan kebobolan 38 kali dan membuat penyelamatan 6 kali. Ia juga diturunkan pada melawan Lazio hari Minggu (26/2/2017).

Kontrak Karnezis di Udinese baru akan berakhir pada Juni 2019. Sejauh ini belum ada ada tanda-tanda ia bakal hengkang.

3 dari 6 halaman

2. Kostas Manolas

Dari lima pemain Yunani di Serie A saat ini, bisa dikatakan Kostas Manolas adalah yang paling gemilang. Sejak diboyong Roma dari Olympiakos pada Agustus 2014 dengan harga 13 juta euro, Manolas selalu menjadi andalan di lini belakang Il Lupi.

Kostas Manolas. (AFP/Alberto Pizzoli)Kegemilangan Manolas pun mencuri perhatian banyak klub-klub besar. Di antaranya Inter Milan, Arsenal, dan Chelsea. Inter bahkan telah mengajukan penawaran sebesar 40 juta euro atau Rp 573 miliar untuk mendapatkan tanda tangannya.

Sejauh ini, bek 25 tahun itu sudah tampil sebanyak 116 pertandingan, menyumbang dua gol dan empat assist. Kontraknya bersama Roma baru akan berakhir pada Juni 2019.

4 dari 6 halaman

3. Marios Oikonomou (Bologna)

Marios Oikonomou telah merumput di Serie A sejak tahun 2013. Sebelum bergabung dengan Bologna pada tahun 2014, Oikonomou sempat bermain selama satu musim untuk Cagliari. Di Bologna, ia diikat kontrak hingga Juni 2020.

Marios Oikonomou (napolisupporters)

Oikonomou termasuk salah satu bek andalan Bologna saat ini. Caranya menjaga pertahanan cukup bersih dan ia jarang melakukan tekel-tekel kasar. Musim ini saja, pemain 24 tahun itu sudah tampil sebanyak 17 kali dan baru sekali menerima kartu kuning.

Oikonomou merupakan pemain binaan akademi sepakbola Giannina, Yunani. Ia mulai tergabung di skuat timnas senior Yunani sejak 24 Maret 2016. Sejauh ini ia sudah tampil sebanyak 5 kali di timnas.

5 dari 6 halaman

4. Vasilios Torosidis (Bologna)

Satu lagi bek Yunani yang bermain di Serie A adalah Vasilios Torosidis. Umurnya 31 tahun. Saat ini ia bermain untuk klub papan bawah, Bologna.

Vasilis Torosidis (tengah) (AFP PHOTO/ANDREAS Solaro)

Namun, berbeda dari Oikonomo, Torosidis sudah lebih berpengalaman di Serie A. Sebelum bergabung dengan Bologna pada musim panas tahun lalu, ia sudah lebih dahulu membela AS Roma selama tiga musim (2013-2016). Selama rentang waktu tersebut, ia tampil sebanyak 77 kali, dan menyumbang 7 gol dan 5 assist.

Musim ini bersama Bologna, ia sudah tampil sebanyak 20 kali, menerima 4 kartu kuning dan 1 kartu merah.

Di timnas Yunani, Torosidis memulai debutnya pada 24 Maret 2007. Sejauh ini ia sudah memegang 89 caps dan mencetak 9 gol untuk negaranya.

6 dari 6 halaman

5. Panagiotis Tachtsidis (Cagliari)

Panagiotis Tachtsidis adalah satu-satunya pemain asal Yunani di Serie A saat ini yang bermain di posisi gelandang. Saat ini, pemain 26 tahun ini bermain untuk Cagliari. Musim ini ia sudah tampil sebanyak 16 kali dan menyumbangkan dua assist.

Panagiotis Tachtsidis (dfiles)

Tachtsidis termasuk pemain yang sering berpindah-pindah klub di Italia. Sejak tahun 2010, ia pernah bermain untuk Genoa, Cesena, Grosseto, Hellas Verona, AS Roma, Catania, dan Torino. Secara keseluruhan, ia sudah tampil sebanyak 118 kali, mencetak 7 gol dan 10 assist untuk seluruh klub yang pernah dibelanya.

Tachtsidis sejatinya merupakan pemain pinjaman dari Torino. Ia dipinjam Cagliari pada awal musim 2016/2017. Masa peminjamannya akan berakhir Juni mendatang. Cagliari memiliki opsi untuk mempermanenkannya, namun belum diketahui apakah ia akan kembali ke Torino atau menetap di Cagliari.

(Abul Muamar)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.