Sukses

5 Band Dunia Jadi Fans Klub Sepak Bola

Oasis adalah salah satu grup band yang menjadi fans setia klub sepak bola Inggris, Manchester City.

Liputan6.com, Jakarta - Musik dan sepak bola memiliki banyak kesamaan menurut pendapat sejumlah orang. Pesepak bola hebat suka membandingkan permainan indah mereka dengan bentuk seni musik dalam berbagai cara selama bertahun-tahun.

"Bila Anda memiliki bola di kaki Anda, Anda bebas, Anda Senang. Ini hampir seperti Anda mendengar musik. Perasaan itu akan membuat Anda ingin menyebarkan sukacita kepada orang lain," kata eks bintang Barcelona, Ronaldinho.

Ya, sepak bola dan musim sepertinya tidak dapat dipisahkan. Tidak mengherankan, jika ada sejumlah grup band yang menjadi fans berat klub sepak bola tertentu.

Oasis, salah satunya. Dua anggota grup band ini, Noel dan Liam Gallagher adalah fans setia Manchester City. Kakak beradik ini sering datang langsung ke Etihad Stadium untuk memberikan dukungan kepada Sergio Aguero dan kawan-kawan.

Selain Oasis, ada sejumlah grup band lainnya yang menjadi fans klub sepak bola. Berikut lima grup band pendukung klub sepak bola:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Noel dan Liam Gallagher (Oasis) - Manchester City

Dua personel Oasis, yakni Noel dan Liam Gallagher adalah fans sejati Manchester City. Kakak beradik ini memang dilahirkan di Kota Manchester.

"Saya suka Mancini (mantan manajer Manchester City). Dia hampir sekeren saya," kata Liam seperti dilansir Sportskeeda.

Sementara itu, Noel mengaku menangis seperti bayi ketika Sergio Aguero mencetak gol penentu kemenangan City atas Queens Park Rangers pada laga terakhir Liga Inggris musim 2011-12. Gol itu membuat City menang 3-2 dan berhak atas gelar juara.

Bahkan, Noel pernah mewawancarai Pep Guardiola di awal musim 2016-17 setelah pria asal Spanyol tersebut diangkat sebagai manajer menggantikan Manuel Pellegrini.

3 dari 6 halaman

2. KISS - Chelsea

KISS merupakan band rock ikonik dari Amerika Serikat. Band ini identik dengan warna putih dan hitam yang menghiasi wajar mereka.

Tapi, ternyata band rock legendaris ini ternyata fans setia klub sepak bola Inggris, Chelsea. "Hai semua, untuk tim sepak bola favorit kami, Chelsea, kami berharap yang terbaik untuk perjuangan kalian dalam perebutan gelar juara," demikian komentar para personil KISS lewat video yang diunggah ke akun Twitter resmi mereka.

Bahkan, KISS berharap the Blues meraih hasil terbaik dalam perebutan gelar juara Liga Inggris musim ini. "Benar, ini adalah musim kalian, jangan lupa," ucap para personil Kiss lagi.

Hingga pekan ke-25, Chelsea masih memuncaki klasemen sementara Liga Inggris dengan poin 60. Pasukan Antonio Conte ini unggul delapan angka dari Manchester City yang ada di peringkat dua.

4 dari 6 halaman

3. Kasabian - Leicester City

Leicester City membuat kejutan pada Liga Inggris musim 2015-16. Skuat asuhan Claudio Ranieri ini secara mengejutkan meraih gelar juara Liga Inggris, pertama dalam sejarah klub.

Sukses Leicester ini membuat terkesan grup band Kasabian, yang memang berasal dari Kota Leicester. Kasabian mengaku fans berat Leicester City.

Kasabian membuat kongser di King Power Stadium, kandang Leicester, untuk merayakan sukses klub idola mereka menjuarai Liga Inggris.

"Ini adalah party buat penggemar Leicester City. Kami sudah tak sabar dan ingin merayakan bersama klub kebanggaan kota kami," ucap pentolan Kasabian, Sergio Pizzorno, kepada NME.

5 dari 6 halaman

4. The Beatles – Liverpool or Everton or Arsenal?

The Beatles bisa dibilang merupakan band terbesar di dunia. Mereka banyak memiliki catatan mengagumkan di industri musik, dunia, antara lain menorehkan rekor dengan penjualan album tertinggi sepanjang masa.

Band ini beranggotakan Paul McCartney, George Harrison, John Lennon, serta Ringo Starr. Berasal dari Liverpool, apakah The Beatles fans dari klub kota tersebut. Ternyata tidak.

Paul McCartney mengaku sebagai fans Everton lantaran keluarganya semua Evertonians. "Ayah saya lahir di Everton, keluarga saya secara resmi Evertonias, jadi jika terjadi derby atau final Piala FA antara keduanya (Everton kontra Liverpool), saya harus mendukung Everton," ucapnya.

Sementara George Harrison tak jelas sebagai suporter klub mana. "Ada tiga tim di Liverpool dan saya lebih memilih yang lain," ucapnya ketika ditanya sebagai fans klub mana.

John Lennon bukan penggemar sepak bola, namun diyakini mendukung Liverpool saat masih anak-anak. Tetapi saat usia 11 tahun, ia membuat gambar yang menunjukkan final Piala FA antara Arsenal dan Newcastle pada 1952. Gambar itu kemudian menjadi sampul album Wall and Bridges pada 1974. Hal ini telah membingungkan fans The Beatles dan Liverpool selama bertahun-tahun.

Ringo Starr adalah fans Arsenal karena ayahnya pernah membawanya menonton pertandingan klub London tersebut. Tetapi, drummer The Beatles ini adalah pemegang tiket musiman di Anfield, kandang Liverpool.

6 dari 6 halaman

5. Radiohead - Manchester United (MU)

Radiohead adalah salah satu band rock alternatif terbesar di dunia. Band asal Inggris Raya ini beranggotakan Thom Yorke, Jonny Greenwood, Ed O'Brien, Colin Greenwood, dan Phil Selway.

Band ini diyakini sebagai fans Manchester United (MU). Sejumlah sumber mengatakan Thom Yorke adalah penggemar klub berjuluk Setan Merah itu. Tapi, tidak ada bukti foto yang menunjukkan hal itu.

Sedangkan Ed O'Brein dalam berbagai wawancara mengakui sebagai fans MU. "Saya adalah fans klub sepak bola besar - Manchester United," ucapnya.

O'Brein kuliah ekonomi di Universitas Manchester. Ini menjadi alasan kuat mengapa ia mendukung mantan klub Cristiano Ronaldo itu.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini