Sukses

5 Kandidat Kuat Juara Piala Presiden 2017

Persib Bandung jadi salah satu kandidat terkuat Piala Presiden. Siapa lagi selain Maung Bandung?

Liputan6.com, Jakarta - Piala Presiden 2017 sedang berlangsung. Tim-tim dari Grup A hingga C telah menyelesaikan pertandingan perdana mereka.

Mitra Kukar menjadi tim pertama yang memetik kemenangan di Piala Presiden 2017. Juara Piala Bhayangkara ini menang atas Gresik United dengan skor tipis 1-0.

Mitra Kukar dan Gresik United tergabung di Grup A bersama dengan PSS Sleman dan Persipura Jayapura.  Persipura sendiri bermain imbang tanpa gol lawan PSS Sleman.

Di Grup B, Arema Cronus dan Persija Jakarta memetik kemenangan. Namun Arema Cronus berhak atas posisi puncak klasemen Grup B karena unggul produktivitas gol.

Persib Bandung dan Persiba Balikpapan tidak ketinggalan. Persib berada di puncak Grup C usai mengandaskan PSM Makassar, sementera Persiba menang atas Persela Lamongan.

Ada dua grup lagi yaitu Grup D dan Grup E yang baru akan bermain, Selasa (7/2/2017) dan Rabu (8/2/2017). Piala Presiden 2017 sendiri akan berlangsung hingga Maret 2017.

Liputan6.com coba menganalisa, siapa saja kandidat juara Piala Presiden 2017. Berikut 5 klub yang berpotensi jadi juara:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Persib Bandung

Persib adalah nama besar di sepak bola Indonesia. Maung Bandung juga adalah juara bertahan Piala Presiden.

Tak heran jika Vladimir Vujovic dan kawan-kawan dijagokan bakal mempertahankan gelar juara Piala Presiden milik mereka. Persib mengawali Piala Presiden 2017 dengan mengalahkan PSM Makassar 1-0.

Tekad ingin mempertahankan gelar juara juga sudah disampaikan kubu Persib. "Kalau target kita selalu tekankan ke tim juara selalu tekankan juara itu, soal hasil urusan belakang. Buat apa tim sebesar Persib gak ada target. Bukan sombong, tapi kita tim besar," kata Komisaris PT Persib Bandung Bermartabat (PBB), Zainuri Hasyim, Senin (23/1/2017).

Di Piala Presiden 2017, Persib diperkuat sejumlah nama baru antara lain Erick Weeks Lewis, Shohei Matsunaga, Ahmad Jufriyanto, dan Supardi. Kecuali Erick Weeks, tiga pemain yang telah disebut pernah memperkuat Persib sebelumnya.

Persib juga masih akan dipimpin Djadjang Nurdjaman. Pelatih yang akrab disapa Djanur itu merupakan pelatih yang mengantarkan Persib juara Liga Super 2014.

3 dari 6 halaman

2. Persipura Jayapura

Mustahil untuk tak memasukan Persipura Jayapura ke dalam tim kandidat kuat juara Piala Presiden 2017. Pasalnya, tim Mutiara Hitam merupakan tim dengan koleksi gelar juara Liga Indonesia terbanyak (4 kali).

Boaz Solossa dan kawan-kawan juga datang ke Piala Presiden 2017 dengan status juara Indonesia Soccer Championship (ISC).  Meski ditinggal Bio Pauline, skuat Persipura boleh dibilang tetap kompetitif.

Nama-nama seperti Boaz Solossa, Immanuel Wanggai dan Ricardo Salampessy masih bisa diandalkan. Komando taktik dipegang oleh Angel Alfredo Vera sebagai pelatih.

Harapan masyarakat selalu besar untuk Persipura, jadi pihak manajemen selalu menargetkan juara di setiap kompetisi maupun turnamen yang kami ikuti," kata Media Officer Persipura Jayapura, Bento Madubunujar, di Jakarta seperti dinukil dari Antara, Rabu (25/1/2017).

4 dari 6 halaman

3. Arema FC

Kemenangan 2-0 atas Bhayangkara setidaknya jadi bukti, kalau Arema FC pantas masuk sebagai kandidat kuat juara Piala Presiden 2017. Meski ditinggal Milomir Seslija, Arema yang kini dilatih Aji Santoso tetap membuktikan kualitas mereka.

Dengan ujung tombak Christian Gonzales, Arema tetap menjadi tim yang menakutkan. Di lini belakang, kedatangan Arthur Cunha memperkokoh lini belakang Arema.

"Kami ingin maksimal dulu di putaran grup agar bisa lolos ke babak selanjutnya. Setelah itu baru bicara target yang lain," ujar Aji Santoso seperti dikutip dari ongisnade.co.id

Selain Gonzales dan Arthur, Arema juga masih akan mengandalkan para pemain alumni timnas seperti Ahmad Bustomi, Benny Wahyudi dan Arif Suyono.

5 dari 6 halaman

4. Sriwijaya FC

Sriwijaya FC serius menghadapi Piala Presiden 2017. Meski hanya ajang pramusim, pelatih Widodo Cahyono Putro memilih menurunkan komposisi utama termasuk pemain muda.

Tentu di turnamen Piala Presiden ini kita akan coba semuanya, terutama penggunaan 5 pemain U-23 di setiap pertandingan,” ujar pelatih Sriwijaya FC, Widodo Cahyono Putro.

Skuat Laskar Wong Kito juga akan semakin kuat setelah Bio Pauline bergabung menggantikan Ahmad Jufriyanto. Selain itu, duet mematikan Hilton Moreira dan Alberto Goncalves masih akan diandalkan untuk meneror lini pertahanan lawan.

Beto Goncalves mencatatkan 25 gol dari 30 penampilan di ISC. Sementara, Hilton Moreira mencetak 9 gol dan 4 assists.

6 dari 6 halaman

5. Madura United

Nama Madura United menjadi kejutan di ISC. Meski tak punya prestasi di sepak bola nasional, Madura United finis di peringkat ke-3 dengan 61 poin, mengalahkan Persib yang finis di tempat ke-5.

Madura United pun bertambah kuat usai kedatangan bek timnas, Fachruddin Aryanto. Fachrudin bergabung setelah memperkuat Sriwijaya FC.

Selain Fachruddin, masih ada nama Greg Nwakolo juga patut diperhitungkan. Greg sudah mencetak gol bagi Madura United di laga eksebisi melawan Persela.

Secara keseluruhan, kolektivitas Madura United tak perlu diragukan. Pasalnya, tak ada perubahan besar-besaran dalam komposisi tim. Gomes de Oliviera masih menjabat sebagai pelatih, sementara kapten dipegang Fabiano Beltrame.

Di Piala Presiden 2017, Madura United tergabung di Grup E bersama dengan PSCS Cilacap, Perseru SErui, dan Semen Padang.  Madura United akan menghadapi Semen Padang di pertandingan pertama mereka.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini