Sukses

Pemain Naturalisasi Batal Perkuat Persiba di Piala Presiden

Kevin Scheunemann tidak bisa memperkuat Persiba di Piala Presiden karena belum mengantongi paspor Indonesia.

Liputan6.com, Balikpapan - Kevin Scheunemann batal memperkuat Persiba Balikpapan di Piala Presiden 2017. Sebab, pemain berdarah campuran Jerman dan Indonesia itu belum juga mengantongi paspor Indonesia.

"Belum jelas proses penerbitan paspornya, bisa jadi sebulan atau malah tiga bulan ke depan," kata Pelatih Persiba Timo Scheunemann kepada Liputan6.com, Senin (6/2/2017)

Timo mengatakan keponakannya itu sudah mengantongi surat status kewarganegaraan sebagai warga negara Indonesia dari Kementerian Hukum dan Ham. Namun, mayoritas klub-klub Indonesia berkehendak agar seluruh pemain naturalisasi harus terlebih dahulu mengantongi paspor Indonesia.

"PSSI sebenarnya mau memberikan dispensasi, namun mendapat penolakan klub klub," ucap Timo.

Akibatnya, Timo terpaksa memulangkan gelandang tengah yang sempat bermain di kompetisi liga amatir Amerika Serikat dan Austria ini. Sebagai gantinya, tim Beruang Madu akan mencari pemain lokal yang memiliki karakter sebagai gelandang serba guna dan sayap kiri.

"Kevin akan pulang dulu daripada memberatkan keuangan tim. Kami akan mencari pemain lokal untuk menggantikan posisinya," tutur Timo.

"Ada satu pemain yang posisinya seperti itu, bisa striker, bisa sayap, bisa gelandang serang , utamanya sih dia striker," lanjut Timo tanpa menyebutkan identitas pemain yang diincar Persiba.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Piala Presiden

Persiba tergabung di Grup C bersama tuan rumah Persib Bandung, Persela Lamongan, dan PSM Makassar. Pelatih Persiba Timo Scheunemann menilai turnamen pra musim ini sangat penting sebagai ajang pemanasan jelang kompetisi Liga 1.

Karena itu, dia meminta masyarakat Balikpapan untuk memberikan dukungan penuh pada tim asuhannya. "Butuh dukungan dari semua pihak untuk membentuk tim yang sedang dibangun ini," ujarnya.

Persiba akan menghadapi Persela pada laga pertama Piala Presiden di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, sore nanti.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.