Sukses

Jangan Tantang 6 Pesepakbola Ini Untuk Berkelahi

Sepak bola merupakan olahraga yang menguras energi dan emosi.

Liputan6.com, Jakarta - Sikap tempramental seorang pesepakbola menjadi hal yang merugikan saat menjalani pertandingan. Bukan hanya berujung pada hukuman kartu oleh wasit, terkadang mereka dapat dikenai denda sampai larangan bertanding gara-gara terlibat perkelahian di atas lapangan.

Sejumlah bintang dunia yang dikenal bengal, sudah pernah merasakan akibat dari kelemahannya mengendalikan emosi. Bukannya kapok, para pemain seperti Diego Costa sampai bek sangar Real Madrid Pepe menjadikan karakter mereka sebagai teror psikologis untuk tim lawan.

Liputan6.com mencoba merangkum enam pemain top Eropa paling kontroversial karena sering berulah di dalam maupun di luar lapangan. Berikut ulasannya.

1. Adebayo Akinfenwa

Kalau ada pemilihan pesepakbola terkuat di dunia, Akinfenwa bisa masuk ke dalam nominasi ini. Striker Wycombe Wanderers ini dianggap memiliki ukuran tubuh terlalu besar untuk jadi seorang pemain dengan berat sekitar 100 kg.

Jelang putaran keempat Piala FA melawan Tottenham Hotspur 28 Januari lalu, dia menebar ancaman agar tak mengajaknya berkelahi. Pemilik julukan The Beast tersebut berkata, "Jangan terlibat perkelahian dengan saya. Kalau kalian mencoba dan bertarung dengan saya, saya yang menang."

Sayang Wycombe Wanderers, tim dari divisi League Two itu kalah 3-4 dari Tottenham. Akinfenwa juga tak bermain hingga 90 menit penuh karena tak kunjung mencetak gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Ibrahimovic

2. Zlatan Ibrahimovic

Siapapun mengetahui ketajaman Ibra di atas lapangan bersama Manchester United. Memiliki postur ideal, 195 cm dengan bobot 95 kg, dia masih subur di usianya yang menginjak 35 tahun.

Di luar rekor manis sebagai pemain, Ibra merupakan pemegang sabuk hitam Taekwondo. Beberapa mantan rekan setimnya sudah pernah merasakan tendangan keras Ibra, mulai dari Rafael van der Vaart di Ajax Amsterdam sampai Antonio Cassano di AC Milan.

3 dari 6 halaman

Balotelli

3. Mario Balotelli

Hal yang patut dicemaskan dari seorang Balotelli adalah karakternya yang tak bisa diprediksi. Baru berusia 26 tahun, pemain Italia berdarah Ghana itu sudah berganti klub sebanyak enam kali dan meninggalkan deretan kasus indisipliner.

Balotelli pernah ingin menginjak kepala gelandang Tottenham Hotspurs Scott Parker pada 2012 lalu dan melemparkan dart ke sarah pemain muda. Selain itu, dia juga sempat tertangkap kamera tengah merokok ketika makan bersama teman-temannya.

Yang paling menggelikan, dia membuat geger media Italia karena menyalakan kembang api di dalam kamar mandi hingga nyaris membakar rumahnya. Jika suasana hatinya sedang buruk, entah apa lagi yang bakal diperbuat pemain ini.

4 dari 6 halaman

Pepe

4. Pepe

Bek tengah Portugal dan Real Madrid itu memang punya reputasi sebagai pemain kasar. Dia akan melakukan segala cara untuk menghentikan lawan yang menerobos pertahanan Los Blancos dan kadang-kadang tindakan agresifnya berujung pada kartu merah.

Pada 2012 dia pernah menginjak tangan Lionel Messi, striker Barcelona dalam laga sarat emosi El Clasico. Sebelumnya, dia juga pernah meginjak pemain Getafe Javier Casquero saat lawannya tengah terlentang di lapangan.

5 dari 6 halaman

Fellaini

5. Marouane Fellaini

Mirip dengan Pepe,  Fellaini akan melakukan cara apapun untuk mencegah striker lawan membobol gawang MU. Pemain berambut gimbal itupernah mendapat larangan bertanding gara-gara menyikut keras pemain Leicester.

Dalam laga melawan Leicester Mei 2016 lalu, bek Leicester Roberth Huth tertangkap kamera menjambak rambut Fellaini, dan Fellaini membalas dengan menyikut sang bek The Foxes tersebut. Hal ini merujung pada hukuman larangan bermain sebanyak tiga pertandingan bagi keduanya.

6 dari 6 halaman

Costa

6. Diego Costa

Salah satu pemain paling bengal di Liga Premier saat ini adalah Diego Costa. Saat dia masuk lapangan, semua bisa terjadi, mulai dari perkelahian dengan pemain, adu mulut dengan fans dan yang diharapkan darinya, yakni mencetak gol untuk Chelsea.

Striker 28 tahun ini sempat menerima empat kartu kuning hanya dalam enam laga pembuka musim ini. Baru-baru ini, dia menjalani hukuman dari klub akibat berselisih dengan manajer Antonio Conte.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini