Sukses

Bukan Cuma Barcelona, Ini 5 Korban Gol Hantu

Barcelona tidak mendapat gol saat menghadapi Real Betis meski bola melewati garis gawang.

Liputan6.com, Barcelona - Barcelona bukanlah pihak pertama yang kecewa ketika wasit tidak memberikan gol. Dan mereka dipastikan bukan menjadi klub terakhir yang frustasi selama otoritas mengabaikan teknologi.

El Azulgrana tertinggal dari Real Betis pada laga La Liga di Estadio Benito Villamarin, Minggu (29/1/2017), akibat sundulan Alex Alegria. Beberapa menit berselang, mereka semestinya sudah menyamakan kedudukan ketika tendangan Jordi Alba melewati garis gawang.

Namun, tanpa bantuan asisten dan kehadiran teknologi, wasit Alejandro Hernandez tidak mungkin mengambil keputusan. Karena tidak memiliki informasi lengkap, dia akhirnya melanjutkan permainan.

Kebijakan Hernandez terbukti merugikan Barcelona. Tim tamu baru menyamakan kedudukan jelang laga berakhir. Dengan skor tidak berubah hingga pertandingan selesai, Barcelona semakin tertinggal dari Real Madrid pada persaingan juara La Liga.

Pasukan Luis Enrique kini empat angka di bawah Madrid. Selisih tersebut berpotensi melebar karena Madrid memiliki tabungan satu pertandingan.

Rekaman pertandingan menunjukkan insiden kontroversial saat Barcelona ditahan Real Betis 1-1 pada lanjutan La Liga, Minggu (29/1/2017). (Metro)

Kerugian ini jelas membuat Barcelona meradang. Mereka pun masuk daftar tim yang menjadi korban gol hantu. Berikut daftarnya.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Timnas Inggris

Insiden paling tenar yang melibatkan gol hantu. Terjadi di pesta terbesar sepak bola, tepatnya Piala Dunia 2010.

Tendangan gelandang Inggris Frank lampard membentur mistar dan jatuh di dalam gawang. Namun, karena bola memutar keluar dan tidak mengenai net, wasit tidak memberi gol. Jika disahkan, Inggris akan menyamakan kedudukan menjadi 2-2. Mereka akhirnya tumbang 2-4.

Peristiwa tersebut memancing pergerakan para petinggi untuk mempercepat kehadiran teknologi. FIFA akhirnya menggunakannya pada Piala Dunia 2014.

Gol Hantu Timnas Inggris. (World Soccer Talk)

3 dari 6 halaman

Timnas Ukraina

Pada turnamen besar berikutnya, giliran Inggris yang diuntungkan. Tertinggal 0-1, Marko Devic melepas tendangan yang seharusnya membantu Ukraina menyamakan kedudukan.

Bola berhasil ditendang keluar oleh John Terry setelah melewati garis. Kehadiran ofisial kelima, yang berdiri di belakang gawang tidak banyak membantu.

Gol Hantu Timnas Ukraina. (Telegraph)

Selepas pertandingan, Presiden Komite Wasit UEFA Pierluigi Collina mengakui anak buahnya melakukan kesalahan. Skor pertandingan tidak berubah dan Ukraina terhenti di grup.

4 dari 6 halaman

Tottenham Hotspur

Gol Hantu Tottenham Hotspur. (Scorem)

Melihat kiper Manchester United Roy Carroll meninggalkan jauh gawangnya, gelandang Tottenham Hotspur Pedro Mendes mencoba peruntungan dengan melepas tendangan dari jarak hampir setengah lapangan.

Carroll sanggup mengejar bola. Namun, bola terlepas dan memantul melewati garis gawang. Dengan susah payah dia menggapai bola dan membuangnya keluar.

Wasit Mark Clattenburg yang memimpin pertandingan tidak dalam posisi ideal sehingga gol tidak disahkan.

5 dari 6 halaman

AC Milan

AC Milan sudah memimpin 1-0 atas Juventus ketika tandukan Sulley Muntari gagal tidak mampu dihentikan Gianluigi Buffon. Namun, Buffon tetap berusaha dan mampu mengeluarkan bola.

Gol Hantu AC Milan. (Marca)

Perjuangan Buffon tidak sia-sia. Aksinya terlalu cepat sehingga wasit Paolo Tagliavento tidak bisa melihat apakah bola sudah melewati garis gawang atau tidak.

Insiden ini terbukti vital karena Juventus kemudian menyamakan kedudukan.

6 dari 6 halaman

Queens Park Rangers

Jauh sebelum Inggris menggunakan teknologi, pelatih Queens Park Rangers Mark Hughes mengkritik wasit karena tidak mengesahkan gol Clint Hill pada laga melawan Bolton Wanderers, Maret 2012.

Gol Hantu Queens Park Rangers. (Sportige)

"Ini lelucon. Otoritas harus segera bertindak mengatasi masalah ini," tandas sosok yang kini menangani Stoke City tersebut.

QPR akhirnya tumbang pada 1-2 pada laga itu. Mereka pun makin terperosok zona merah. Beruntung QPR mampu memperbaiki perfoma dan selamat dari jeratan degradasi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Barcelona adalah salah satu klub besar dunia yang bermain di La Liga Spanyol
    Semua berita tim, statistik tim, transfer pemain dan lainnya mengenai FC Barcelona yang memiliki julukan Barça

    Barcelona

  • Tim Nasional Inggris berisi pemain-pemain bintang yang merumput di liga top Eropa
    Tim Nasional Inggris berisi pemain-pemain bintang yang merumput di liga top Eropa

    Timnas Inggris

  • Tim Nasional Jerman merupakan salah satu negara terkuat di Eropa, bahkan dunia yang memiliki segudang gelar di berbagai ajang kompetisi
    Tim Nasional Jerman merupakan salah satu negara terkuat di Eropa, bahkan dunia yang memiliki segudang gelar di berbagai ajang kompetisi

    Timnas Jerman

  • AC Milan adalah salah satu klub tersukses di Serie A Italia dengan raihan 18 trofi
    Associazione Calcio Milan adalah klub sepak bola Italia yang berbasis di Milan, Lombardia. AC Milan bermain di Serie A.

    AC Milan

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

  • Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris
    Tim sepak bola profesional yang berasal dari Inggris

    Queens Park Rangers

  • Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris
    Tottenham Hotspur adalah sebuah klub sepak bola asal Inggris

    Tottenham Hotspur

  • Juventus adalah klub sepakbola asal Italia
    Juventus Football Club S.p.A atau yang biasa dikenal dengan Juventus atau Juve adalah klub sepak bola profesional asal Italia.

    Juventus

Video Terkini