Sukses

5 Pemain yang Wajib Dibeli Barcelona di Bursa Transfer

Barcelona punya skuat yang lengkap tapi perlu ditambah pemain-pemain ini agar bisa tambah menakutkan.

Liputan6.com, Jakarta - Barcelona memiliki kedalaman skuat yang cukup bagus. Saat ini, tak kurang 29 pemain yang masuk tim utama untuk mengarungi tiga kompetisi sekaligus. Tim besutan Luis Enrique ini tidak kekurangan pemain yang bagus, bahkan nyaris merata di pemain mudanya.

Barcelona juga cukup boros belanja pemain musim ini. Tak kurang 5 pemain top didatangkan agar bisa membuat Barcelona tambah menakutkan di kompetisi yang diikuti. Barcelona mendatangkan Samuel Umtiti, Lucas Digne, Denis Suarez, Andre Gomez dan Paco Alcacer.

Sayang, pemain-pemain baru ini ada yang belum memuaskan penampilannya. Sebut saja Alcacer yang dibeli 30 juta euro dari Valencia di bursa transfer musim panas lalu. Dia baru mencetak satu gol, itu pun saat Barcelona melawan tim lemah Hercules di 16 besar Piala Raja.

Dengan kondisi ini, apakah Barcelona harus belanja lagi? Ini beberapa pemain bintang yang pantas dibeli Barcelona di bursa transfer nanti:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

1. Nathaniel Clyne

Bek kanan Liverpool ini punya jam terbang yang cukup bagus di Liga Inggris. Memasuki musim kedua di Liverpool, peran Clyne sulit digantikan. Dia selalu menjadi tumpuan buat The Reds dalam menggalang serangan lewat sayap.

Melihat tipikal permainannya, Clyne sangat cocok dengan gaya permainan Barcelona. Lagi pula, Barcelona memang sedikit krisis di sektor bek kanan meski punya Aleix Vidal dan Sergi Roberto.

Sejatinya, Sergi Roberto yang diplot sebagai starter bukan pemain yang ideal di posisi itu. Posisi Roberto sebenarnya lebih ke lini tengah, meski pemain ini dicap serbabisa di Barcelona.

Maka itu, Barcelona bisa pertimbangkan untuk datangkan Clyne. Meski Aleix Vidal bukanlah pemain terlalu buruk, tapi Barcelona bisa pertimbangkan pemain yang berkualitas lebih bagus.

3 dari 6 halaman

2. Pierre Emerick Aubameyang

Barcelona memang punya trio penyerang paling maut di dunia. Siapa yang tak gentar menghadapi serangan dari trio Messi, Suarez dan Neymar (MSN).

Tiga pemain ini sudah sumbang 305 gol di seluruh kompetisi sejak dipadukan pada 2014 lalu. Meski begitu, Barcelona masih butuh pelapis yang juga berkualitas.

Seperti disebutkan sebelumnya, Alcacer belum penuhi harapan. Lalu, Rafinha juga tak bisa selalu diandalkan karena kerap diadang cedera. Pierre Emerick Aubameyang bisa dijadikan jawaban untuk melapis trio MSN.

Striker asal Gabon ini punya kecepatan di kotak penalti lawan. Dia juga lincah saat memberikan umpan. Sejak musim 2013/14, dari total 111 kali penampilan dengan Borussia Dortmund, Aubameyang sudah cetak 165 gol.

4 dari 6 halaman

3.Hector Bellerin

Lagi-lagi sektor bek kanan. Kali ini, Barcelona pantas melirik bek kanan Arsenal, Hector Bellerin. Barcelona kembali kecolongan melihat bakat Bellerin, pemain berpostur 177 cm ini.

Ya, karena Barcelona membiarkan bakat bagus ini hijrah ke Arsenal pada 2011 lalu. Namun, Bellerin baru teken kontrak profesional pada 2013 dengan Arsenal. Sejak saat itu, dia terus berkembang menjadi bek kanan yang mematikan. Bahkan, dia tercatat sebagai pemain dengan kecepatan lari tercepat.

Barcelona cukup sulit untuk memboyong Bellerin pulang. Soalnya, bek berusia 21 tahun ini sudah teken perpanjangan kontrak dengan Arsenal. Meski begitu, transfer besar bisa saja luluhkan Arsenal di bursa transfer.

Apalagi selama ini, Arsenal dan Barcelona seakan punya koneksi. Kedua tim kerap bertransaksi pemain, meski Barcelona lebih banyak dirugikan ketimbang Arsenal yang kerap mereguk untung.

5 dari 6 halaman

4. Virgil van Dijk

Stok bek tengah Barcelona cukup banyak. Barcelona masih punya Gerard Pique, Javier Mascherano, Samuel Umtiti dan Jeremy Mathieu. Namun tak ada salahnya, Barcelona kembali beli pemain di sektor ini.

Ini seiring dengan menuanya Mathieu dan Mascherano. Pilihan bisa dijatuhkan kepada Virgil van Dijk, bek Southampton asal Belanda.

Pemain ini punya postur ideal dan sangat handal dalam mengeksekusi bola-bola mati. Tak perlu diragukan lagi, Van Dijk bakal menjadi pembelian ideal buat Barcelona di bursa transfer.

Seperti dilansir squawka, kehandalan van Dijk bisa dilihat dari statistik. Dari 21 kali tampil untuk Southampton musim ini di semua kompetisi, Van Dijk sukses memenangkan perebutan bola sebesar 67 persen. Dia juga pengumpan yang bagus karena 84 persen umpannya sampai ke rekan-rekannya.

6 dari 6 halaman

5. Julian Weigl

Pemain muda prospektif yang beroperasi di sektor gelandang bertahan. Dia digadang-gadang menjadi penerus yang pas untuk Sergio Busquets di masa mendatang.

Usianya masih muda, 21 tahun, tapi sudah menjadi pemain andalan untuk Borussia Dortmund di dua musim terakhir. Dia juga sudah memulai debutnya bersama timnas Jerman kalahkan Norwegia 3-0 di kualifikasi Piala Dunia Zona Eropa pada 5 September 2016.

Tak hanya Barcelona, Real Madrid pun dikabarkan tertarik untuk mendapatkan Weigl. Permainannya yang lugas dan berani saat bermain di lini tengah membuat dia disukai.

Dia cocok menjadi pelapis Busquets di Barcelona. Di tengah padatnya jadwal pertandingan Barcelona, kedalaman skuat wajib terus dipertahankan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.