Australia Terbuka 2017, Rafael Nadal Lolos ke 8 Besar

Oleh Risa Kosasih pada 24 Jan 2017, 05:40 WIB
Diperbarui 24 Jan 2017, 05:40 WIB
Rafael Nadal
Perbesar
Rafael Nadal berhasil lolos ke babak perempat final grand slam Australia Terbuka. (PAUL CROCK / AFP)

Liputan6.com, Melbourne - Mantan petenis nomor satu dunia Rafael Nadal lolos ke babak perempat final Australia Terbuka usai menekuk wakil Prancis, Gael Monfils dengan skor 6-3, 6-3, 4-6, dan 6-4 di Melbourne, pada Senin (23/1/2017) di Rod Laver Arena, Melbourne.

Kemenangan di babak 16 besar partai grand slam ini menjadi yang pertama dalam dua tahun terakhir bagi Nadal di tengah perjuangannya sembuh dari cedera. Juara 14 kali grand slam ini membutuhkan waktu dua jam 56 menit untuk mengalahkan Monfils.

Setelah kalah pada set ketiga 4-6, Nadal dengan susah payah membalikkan keadaan dari 2-4 menjadi 6-4. Monfils sempat berhasil melakukan break di gim kelima dengan melakukan dua kali break, tapi Nadal merebut empat gim berikutnya untuk menutup set keempat dengan kemenangan 6-4.

"Saya memulai dengan baik dan memiliki beberapa peluang di set ketiga, dan kemudian kesulitan di set keempat. Kemudian pada akhir pertandingan, Gael membuat beberapa kesalahan dan saya memainkan backhand yang bagus pada saat melakukan break point dan pukulan itu berarti besar bagi saya," ucap Nadal usai pertandingan seperti dilansir dari BBC, pada Selasa (24/1) dinihari WIB.

2 dari 2 halaman

Federer Lolos, Murray Gugur

Petenis asal Spanyol tersebut tak bisa menyembunyikan kegembiraannya setelah berhasil melaju ke babak delapan besar ini. Bisa dimaklumi karena inilah kemenangan pertamanya atas pemain 10 besar peringkat dunia di grand slam sejak turnamen di Roland Garros hampir tiga tahun yang lalu.

Kemenangan atas Monfils di Australia Terbuka ini juga mengakhiri empat pertandingan beruntun melawan penghuni peringkat 10 besar. Lolosnya Nadal juga membuka peluang duel klasik melawan Roger Federer di partai final.

Federer juga sudah menggenggam tiket ke perempat final setelah mengalahkan Kei Nishikori, peringkat 5 dunia asal Jepang, dalam pertarungan lima set.

Dua musuh bebuyutan itu sama-sama tengah berjuang untuk kembali ke posisi puncak dalam beberapa musim belakangan. Federer baru bermain di turnamen kompetitif pertamanya sejak Wimbledon enam bulan yang lalu, akibat cedera lutut. Dia keluar dari 10 besar dunia untuk pertama kalinya dalam 734 minggu terakhir per November 2016.

Gugurnya peringkat 1 dunia Andy Murray dan juara bertahan Novak Djokovic di pekan pembuka Austalia Terbuka, membuat Nadal dan Federer memiliki kans untuk meraih titel di Melbourne. Namun khusus untuk Nadal, dia harus melewati unggulan ketiga Milos Raonic, yang tahun lalu menjadi finalis Wimbledon.

Lanjutkan Membaca ↓