Calon Pelatih Timnas: Luis Milla, Arsitek Para Young Guns

Oleh Windi.Wicaksono pada 18 Jan 2017, 18:40 WIB
Diperbarui 18 Jan 2017, 18:40 WIB
Luis Milla
Perbesar
Luis Milla jadi kandidat pelatih Timnas Indonesia. (AFP/Jonathan Nackstrand)

Liputan6.com, Jakarta - Luis Milla jadi kandidat terkuat pelatih Timnas Indonesia menggantikan Alfred Riedl. Pelatih asal Spanyol ini punya latar belakang sukses bersama tim di level usia muda.

Pelatih berusia 50 tahun tersebut pernah membawa Timnas Spanyol U-21 juara Piala Eropa U-21 pada 2011. Sejak 2008 hingga 2012, Luis Milla dipercaya RFEF (Federasi Sepak Bola Spanyol) memegang timnas level usia muda.

Luis Milla juga pernah menangani Timnas Spanyol U-19, U-20, U-21, hingga U-23. Piala Eropa U-19, Piala Eropa U-21, hingga Olimpiade 2012 di London jadi turnamen dia bersama La Furia Roja muda.

Di level klub, ia pernah menjadi asisten Michael Laudrup di Getafe pada musim 2007-2008. Pucol, yang berkompetisi di Divisi Regional menjadi klub di awal kariernya sebagai pelatih.

Ketika dikontrak klub Uni Emirat Arab (UEA), Al Jazira pada 2013, Luis Milla juga mendepak sejumlah pemain tua dan memercayakan pemain muda ke skuat utama. Kebijakannya yang kurang populer itu berbuah dengan munculnya pemain-pemain UEA.

2 dari 2 halaman

Pemain Muda Dapat Kesempatan Bermain

Luis Milla 2
Perbesar
Luis Milla menangani Thiago Alcantara di timnas junior Spanyol. (Marca)

"Kami ingin membawa filosofi ke Jazira untuk memberikan para pemain muda kesempatan bermain lebih banyak. Pemain yang lebih tua atau berpengalaman dapat membantu mereka berkembang," ucap Milla kala menangani Al Jazira, seperti dilansir The National.

Pelatih kelahiran Teruel, Spanyol, ini juga tak segan menciptakan kompetisi di antara para pemain asuhannya. Nama besar bukan jaminan bakal aman di skuat besutannya.

Luis Milla mempopulerkan pemain seperti Javi Martinez, Thiago Alcantara, Ander Herrera, Juan Mata, David De Gea di Timnas Spanyol. Jika mantan pemain Barcelona ini benar-benar menangani Timnas Indonesia, pencinta sepak bola tanah air pun tentu berharap pemain-pemain muda berkualitas bermunculan.

Pekan ini, Luis Milla rencananya bakal melakukan presentasi di depan PSSI sebagai calon arsitek Garuda. Setelah itu, keputusan semua di tangan PSSI apakah bakal menunjuk Milla sebagai pelatih Timnas Indonesia.

Lanjutkan Membaca ↓