Sukses

Karate Indonesia Targetkan Tembus Olimpiade 2020

Karate bakal dipertandingkan pertama kali di Olimpiade 2020 Jepang.

Liputan6.com, Jakarta - Cabang olahraga karate bertekad meloloskan atlet terbaiknya ke Olimpiade 2020 di Tokyo Jepang. Apalagi, ini pertama kali cabor karate dipertandingkan di multievent olahraga empat tahunan ini.

Salah satu perguruan yang getol untuk meloloskan atletnya adalah Institut Karate-Do Nasional (Inkanas). Sebagai salah satu perguruan karate terbesar di Indonesia, Inkanas bertekad mempersiapkan atlet terbaik melalui pembinaan berjenjang hingga memperbanyak kejuaraan untuk meningkatkan kualitas atlet.

"Inkanas adalah bagian dari PB Forki. Untuk itu kami berkewajiban untuk menyiapkan atlet terbaik sebagai tulang punggung timnas termasuk untuk bersiap diri menghadapi Olimpiade 2020," kata Ketua Umum PB Inkanas, Badrodin Haiti seperti dikutip antara.

Selain melakukan pembinaan di seluruh Indonesia, Inkanas juga terlibat langsung dalam pergelaran kejuaraan baik tingkat nasional maupun internasional. Hal ini dilakukan unjuk menambah jam terbang hingga untuk mengetahui kekuatan atlet dari negara lain.

Salah satu kejuaraan internasional yang baru saja diikuti oleh PB Inkanas adalah Kejuaraan Karate ASEAN-Japan di Hanoi Vietnam. Indonesia berada di posisi dua dengan torehan sembilan emas, dua perak dan sembilan perunggu.

Pada kejuaraan ini, Indonesia menurunkan atlet muda potensial yang sasaran utamanya untuk mempersiapkan diri menghadapi Olimpiade Jepang. Hasil di Vietnam terbilang bagus karena hanya kalah dengan Jepang dengan selisih satu medali emas.

"Potensi mereka cukup besar. Makanya, setelah kejuaraan ini mereka harus terus digenjot latihan karena banyak kejuaraan baik level nasional maupun internasional yang akan digelar. Mereka harus siap jika diturunkan," kata mantan Kapolri itu.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Rekrut Pelatih Asing

Selain mengikutkan atletnya ke kejuaraan internasional, PB Inkanas juga bakal menggelar kejuaraan sendiri. Sesuai dengan rencana, kejuaraan internasional ini bakal digelar 2017. Tidak hanya itu, demi meningkatkan kemampuan atlet juga akan didatangkan pelatih internasional.

"Kami berencana mendatangkan Sensei Masao Kagawa (World Karate-Do Federation) untuk berbagi ilmu dengan pelatih dan atlet Indonesia," kata Ketua Bidang Luar Negeri PB Inkanas, Titik Prasetyo Verdi.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini