Sukses

10 Gol Terbaik Piala AFF, Ada Pemain Timnas Indonesia

Andik Vermansyah memiliki peran penting dalam setiap laga Timnas Indonesia.

Liputan6.com, Jakarta Timnas Indonesia memang gagal meraih gelar juara Piala AFF 2016. Namun, ada satu hal yang bisa mereka banggakan. Itu karena aksi Andik Vermansyah menempatkan namanya dalam daftar 10 gol terbaik Piala AFF 2016.

Perjuangan Timnas Indonesia dalam ajang sepak bola Asia Tenggara dua tahunan tersebut berakhir antiklimaks. Setelah terus menciptakan kejutan sejak fase grup hingga leg pertama final, laju Timnas Indonesia menuju podium juara malah terhenti di momen pamungkas.

Ya, anak asuh Alfred Riedl gagal merengkuh gelar juara setelah kalah 0-2 dari Thailand pada leg kedua final di Rajamangala Stadium. Akibatnya, Timnas Indonesia pun kalah agregat 2-3. Namun, nama Timnas Indonesia akan tetap diingat berkat aksi impresif salah satu pemain mereka.

Pemain yang dimaksud adalah Andik Vermansyah. Gelandang serang berusia 21 tahun tersebut masuk dalam daftar gol terbaik yang tercipta di Piala AFF 2016 seperti dilansir situs AFF Suzuki Cup. Gol tersebut diciptakan Andik saat Timnas Indonesia menang 2-1 atas Singapura pada laga pamungkas Grup A.

Aksi Andik membuat Timnas Indonesia menyamakan skor di menit ke-62 setelah sempat tertinggal akibat gol Khairul Amri di menit ke-27. Andik melepaskan tendangan firs time usai berlari dari luar kotak penalti untuk menerima bola crossing Rizki Pora.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Peran Vital



Berkat gol Andik, Timnas Indonesia semakin termotivasi hingga terciptanya gol penentu kemenangan lewat Stefano Lilipaly di menit ke-85. Gol itu pula yang membuat Timnas Indonesia berhak lolos ke semifinal sebagai runner-up Grup A.

Sepanjang Piala AFF 2016, Andik memang memiliki peran penting di setiap laga Timnas Indonesia. Kecepatan dan kelincahannya selalu membuat lawan kerepotan. Meski hanya mencetak satu gol, Riedl tak pernah mencoret nama Andik dalam daftar starter.

Gelandang Timnas Indonesia, Andik Vermansyah ditandu keluar lapangan akibat cedera saat final pertama Piala AFF 2016 melawan Thailand di Stadion Pakansari, Bogor, Rabu (14/12). Indonesia unggul 2-1 atas Thailand. (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Sayang, petaka besar menimpa pemain Selangor FC tersebut saat Timnas Indonesia menjamu Thailand pada leg pertama final. Ia didera cedera yang memaksanya absen saat Timnas Indonesia gantian melawat ke kandang Thailand. Tanpa Andik, Timnas Indonesia pun kalah dua gol tanpa balas.

3 dari 3 halaman

Video 10 Gol Terbaik Piala AFF 2016

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.