Seruduk Wasit Wanita, Atlet Rugbi Ini Dapat Sanksi Paling Berat

Oleh Cakrayuri Nuralam pada 19 Des 2016, 20:20 WIB
Diperbarui 19 Des 2016, 20:20 WIB
Atlet Rugby

Liputan6.com, Vicenza - Entah apa yang ada dipikiran pemain rugbi Argentina, Bruno Andres Doglioli saat timnya, Rangers Rugby Vicenza melawan Valsugana Padua di ajang Liga Rugby Italia, pekan lalu. Dia menyeruduk wasit wanita, Maria Beatrice Benvenuti.

Ketika kedua tim sedang memperebutkan bola, Bruno melakukan pergerakan mengejutkan. Sambil berlari, dia menyeruduk Maria --yang sedang mengamati pertandingan-- dari belakang hingga tersungkur.

Maria pun mendapat cedera yang cukup parah. Sedangkan Bruno mendapatkan kartu kuning. Kejadian ini direkan oleh wartawan Italia, Morales.

Setelah kejadian tersebut, Federasi Rugbi Italia (FIR) menjatuhkan hukuman untuk Bruno, yakni larangan bermain selama tiga musim. Ini merupakan sanksi terberat yang pernah diberikan FIR kepada atlet Rugbi.

"Kami menegaskan bahwa sanksi ini merupakan yang terberat dalam 20 tahun terakhir. Tindakannya sudah melanggar aturan permainan dan nilai-nilai fundamental dari olahraga ini," bunyi pernyataan resmi FIR, dikutip dari Sky Sports.

Sementara itu, pihak klub mengutuk keras tindakan yang dilakukan pria berusia 34 tahun tersebut. Manajemen Rangers Rugby Vicenza telah memecat Bruno karena tindakan kasarnya kepada wasit wanita berusia 23 tahun tersebut.

"Kami selaku pihak klub telah menangguhkan pemain dari segala macam aktifitas di Rangers Rugby Vicenza. Kami sangat mengutuk tindakan dia karena bertentangan dengan nilai-nilai olahraga dan budaya Vicenza," tegas pernyataan resmi klub.