Sukses

Timnas Indonesia Tertinggal dari Thailand di Babak I

Pada leg pertama final Piala AFF 2016, Indonesia menang 2-1 atas Thailand.

Liputan6.com, Bangkok Timnas Indonesia mengakhiri babak pertama dengan tertinggal 0-1 dari Thailand pada leg kedua final Piala AFF 2016 di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016). Thailand mendapatkan gol tersebut saat laga sudah memasuki menit ke-37.

Di laga ini, pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl tak bisa menurunkan Andik Vermansyah. Pemain Selangor FC tersebut mengalami cedera yang didapat pada leg pertama final di Stadion Pakansari, Rabu (14/12/2016). Sebagai gantinya, Riedl memainkan Zulham Zamrun.

Sisanya, Riedl menurunkan pemain yang dipasang pada leg pertama. Nama-nama pemain seperti Stefano Lilipaly, Boaz Solossa, Rizki Pora, dan Manahati Lestusen menghiasi daftar starter.

Di awal babak pertama, Thailand terlihat mengandalkan permainan bola-bola panjang. Sementara para pemain Timnas Indonesia lebih sabar menunggu kesempatan untuk melancarkan serangan balik cepat. Di menit kedelapan, percobaan pertama dilakukan Thailand lewat Teerasil Dangda.

Berawal dari serangan Theerathon Bunmathan di sisi sayap kiri, bola operan mendatar diarahkan kepada Teerasil. Namun, tendangan pencetak satu gol Thailand di Stadion Pakansari tersebut masih melambung di atas gawang Kurnia Meiga.

Setelah itu, jalannya permainan kedua tim sedikit datar hingga memasuki menit ke-15. Thailand memang unggul dalam penguasaan bola. Namun, mereka masih belum mampu menembus lini pertahanan Timnas Indonesia.

Di menit ke-16, bek kanan Timnas Indonesia Benny Wahyudi diganjar kartu kuning. Itu karena ia melancarkan tekel berbahaya kepada Siroch Chattong. Pelanggaran tersebut menghasilkan tendangan bebas di sisi kanan pertahanan Timnas Indonesia. Namun, situasi tersebut belum membahayakan gawang Kurnia Meiga.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Proses Gol



Hingga menit ke-25, situasi masih tak berubah. Thailand mencoba untuk mencari celah di barisan pertahanan Timnas Indonesia. Saking agresifnya Thailand, Boaz pun sampai ikut turun untuk membantu pertahanan. Namun, skema serangan balik Timnas Indonesia akhirnya membuahkan tendangan percobaan lewat Zulham Zamrun di menit ke-26.

Di menit ke-28, kesalahan yang dilakukan Fachruddin Aryanto nyaris membuahkan gol bagi Thailand. Untungnya, tendangan keras Tristan Do dari luar kotak penalti masih melambung jauh. Hal itu tak membuat Thailand frustrasi. Percobaan terus dilakukan Thailand lewat agresivitas Theerathon Bunmathan.

Serangan seporadis Thailand membuat para pemain Timnas Indonesia berulang kali melakukan kesalahan. Namun, masih belum ada yang bisa dimaksimalkan anak asuh Kiatisuk Senamuang tersebut. Pada akhirnya, perjuangan mereka terbayar saat laga memasuki menit ke-37. Berawal dari umpan Theerathon Bunmathan, Siroch Chattong sukses mencetak gol ke gawang Kurnia Meiga.

Keunggulan 1-0 Thailand bertahan hingga babak pertama bubar. Jika skor tak berubah hingga laga berakhir, Thailand yang akan tampil sebagai juara Piala AFF 2016. Timnas Indonesia pun harus lebih berani menyerang untuk mencetak gol penyeimbang yang cukup untuk membuat mereka jadi juara.

Susunan Pemain:

Thailand: Kawin Thamsatchanan; Theerathon Bunmathan, Adinsorn Promrak, Sarach Yooyen, Charyl Yannick Chappuls, Siroch Chattong, Teerasil Dangda, Prathum Chutong, Tanaboon Kesarat, Chanatip Songkrasin, Tristan Do

Timnas Indonesia: Kurnia Meiga; Hansamu Yama Pranata, Fachruddin Aryanto, Benny Wahyudi, Muhammad Abduh Lestaluhu, Manahati Lestusen, Bayu Pradana, Stefano Lilipaly, Rizki Pora, Zulham Zamrun, Boaz Solossa

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.