Sukses

Timnas Indonesia Vs Thailand: Belajar dari Piala AFF 2000

Timnas Indonesia akan tampil di final Piala AFF untuk kali kelima.

Liputan6.com, Jakarta - Setelah 14 tahun, Timnas Indonesia dan Thailand kembali bertemu di final Piala AFF. Terakhir kedua tim bertemu di laga final pada Piala Tiger (AFF) 2002. Namun, sebelumnya kedua tim juga sempat bentrok di final Piala AFF 2000.

Uniknya, banyak kesamaan perjalanan Timnas Indonesia di Piala AFF 2000 dan 2016. Piala AFF 2000 sendiri jadi ajang perdana Timnas Indonesia menunjukkan taringnya dalam turnamen dua tahunan tersebut.

Pasalnya, itu adalah kali pertama Timnas Indonesia melaju ke final Piala AFF. Saat itu, Timnas Indonesia diperkuat pemain-pemain seperti Aji Santoso, Kurniawan Dwi Yulianto, dan Uston Nawawi.

Seperti di Piala AFF 2016, Timnas Indonesia juga bertemu Thailand di Grup A. Selain Thailand, tim Merah Putih yang dilatih Peter White itu satu grup dengan Myanmar dan Filipina. Adangan Filipina di laga perdana dilewati dengan kemenangan tiga gol tanpa balas.

Sayang, ketika bertemu Thailand di laga kedua Grup A, Skuat Garuda tak bisa berbuat banyak. Kekalahan 1-4 ditelan Timnas Indonesia setelah gol Worrawoot Srimaka di menit ke-25, 49, Kiatisuk Senamuang (52), dan Dusit Chalermsan (79) dibalas Gendut Doni (57).

Meski begitu, Timnas Indonesia tetap mampu melaju ke semifinal usai mempermalukan Myanmar lima gol tanpa balas. Lima gol Timnas Indonesia saat itu dicetak Gendut Doni di menit ke-43, ke-57, Uston (70), dan Kurniawan (74, 82).

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Bertemu Vietnam

Lagi-lagi ada persamaan nasib Timnas Indonesia. Seperti di Piala AFF 2016, lawan yang harus dihadapi Timnas Indonesia di semifinal adalah Vietnam. Alhasil, Timnas Indonesia pun harus menjalani pertarungan sengit yang berakhir dramatis.

Timnas Indonesia sempat unggul lebih dulu pada laga yang digulir di Rajamangala Stadium tersebut lewat gol Gendut Doni di menit ke-39. Nguyen Hong Son memang bisa menyamakan skor di menit ke-45. Namun, Timnas Indonesia kembali unggul berkat aksi Seto Nurdiantoro di menit ke-75.

Kesamaan dengan nasib di Piala AFF 2016 pun terjadi. Jika pada Piala AFF 2016 Timnas Indonesia gagal menang atas Vietnam di waktu normal leg kedua akibat gol Vu Minh Tuan di menit ke-90, di Piala AFF 2000 pun mereka juga mengalami nasib serupa akibat gol Vu Cong Tuyen di menit ke-90. Bedanya, Piala AFF 2000 belum menerapkan sistem home away di laga semifinal dan final.

Di babak perpanjangan waktu, drama kembali terjadi. Dalam babak yang masuk menerapkan sistem Golden Goal tersebut, Timnas Indonesia berhak lolos ke final berkat gol Gendut Doni di menit ke-120.

Gendut Doni Christiawan melakukan selebrasi usai membobol gawang Vietnam di semifinal Piala AFF 2000. (AFP/Pornchai Kittiwongsakul)

3 dari 6 halaman

Kembali Lawan Thailand

Tim Merah Putih pun kembali dipertemukan dengan Thailand di laga final. Kali ini, tak ada drama bahagia dan keberuntungan yang menaungi Timnas Indonesia. Kekalahan 1-4 seperti di fase grup kembali ditelan Timnas Indonesia.

Worrawoot kembali menjadi momok lewat hattrick di menit ke-14, ke-18, dan ke-32. Satu gol lain The War Elephants dicetak Tanongsak Prajakkata di menit ke-65. Sedangkan Timnas Indonesia hanya bisa mencetak satu gol balasan lewat free kick Uston Nawawi di menit ke-20.

Tentu, publik berharap anak asuh Alfred Riedl tak bernasib serupa di Piala AFF 2016. Rabu (14/12/2016), Timnas Indonesia akan melakoni laga leg perdana final di Stadion Pakansari. Lalu, mereka akan bertandang ke markas Thailand di Rajamangala Stadium, Sabtu (17/12/2016).

4 dari 6 halaman

Cuplikan Video Final Piala AFF 2000



5 dari 6 halaman

Rapor Timnas Indonesia di Piala AFF 2000

Grup A
Indonesia 3-0 Filipina
Thailand 4-1 Indonesia
Myanmar 0-5 Indonesia
Semifinal
Vietnam 2-3 Indonesia (perpanjangan waktu)
Final
Thailand 4-1 Indonesia

Distribusi Gol
Gendut Doni: 4 gol
Kurniawan Dwi Yulianto: 2 gol
Uston Nawawi: 2 gol
Aji Santoso: 1 gol
Eko Purdjianto: 1 gol
Mattheus Nurdiantara: 1 gol

 

6 dari 6 halaman

Rapor Timnas Indonesia di Piala AFF 2016

Grup A
Thailand 4-2 Indonesia
Indonesia 2-2 Filipina
Singapura 1-2 Indonesia
Semifinal
Indonesia 2-1 Vietnam
Vietnam 2-2 Indonesia
Final
Indonesia vs Thailand
Thailand vs Indonesia

Distribusi gol
Boaz Solossa: 3 gol
Stefano Lilipaly: 2 gol
Andik Vermansyah: 1 gol
Fachruddin Aryanto: 1 gol
Hansamu Yama Pranata: 1 gol
Lerby Eliandry: 1 gol
Manahati Lestusen: 1 gol

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini