Sukses

Ditanya Formasi Timnas Indonesia, Begini Jawaban Riedl

Riedl juga menyindir media yang banyak bicara soal formasi.

Liputan6.com, Jakarta - Pelatih Timnas Indonesia, Alfred Riedl, kerap memakai formasi 4-4-2 selama Piala AFF 2016. Namun, pelatih asal Austria ini juga sempat memberikan variasi ketika permainan tengah berlangsung.

Namun, Riedl mengaku tidak memandang formasi sebagai sesuatu yang sangat penting. Menurut pelatih berusia 67 tahun ini, peran pemain yang terlibat dalam sistem permainan jauh lebih penting.

Riedl juga menyindir media yang dinilainya sering sok tahu mengenai formasi sepak bola. Tapi, mantan arsitek Timnas Vietnam ini tidak ragu untuk berbagi ilmu kepelatihan.  

"Media terlalu banyak bicara tentang formasi sepak bola. 4-4-2, 4-2-3-1, atau 4-3-3, dan yang lainnya, tidak sepenting yang Anda pikirkan," jelas Riedl kepada Liputan6.com.

"Yang terpenting, bagaimana banyak pemain yang menyerang saat menguasai bola dan bagaimana banyak pemain yang bertahan ketika kehilangan bola," paparnya.

Riedl sukses membawa Indonesia ke final Piala AFF 2016 untuk bertemu Thailand. Laga final leg pertama berlangsung 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari, Cibinong, dan leg kedua digelar di Stadion Rajamangala, Bangkok, pada 17 Desember 2016.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini