Sukses

Boaz dan Teerasil Dangda Rebutan Gelar Top Scorer Piala AFF

Boaz Salossa sudah mencetak tiga gol untuk Timnas Indonesia di Piala AFF 2016.

Liputan6.com, Jakarta - Timnas Indonesia bakal menghadapi Thailand di Stadion Pakansari, 14 Desember mendatang pada leg pertama partai final Piala AFF 2016. Laga ini sangat berarti bagi striker Timnas Indonesia, Boaz Salossa dan penyerang Thailand, Teerasil Dangda.

Boaz dan Teerasil merupakan kandidat terkuat peraih gelar pencetak gol terbanyak Piala AFF 2016. Sejauh ini, Boaz sudah mencetak tiga gol, top scorer Skuat Garuda (sebutan Timnas Indonesia).

Striker Persipura Jayapura itu mencetak dua gol pada babak penyisihan Grup A. Boaz mencetak satu gol saat Timnas Indonesia kalah 2-4 dari Thailand, 19 November dan menyumbang satu gol ketika Skuat Garuda bermain imbang 2-2 melawan Filipina, 22 November lalu.

Satu gol lain yang dicetak Boaz terjadi di Stadion Pakansari, 3 Desember lalu. Dia mencetak gol dari titi penalti dan membantu Timnas Indonesia menang 2-1 atas Myanmar pada leg pertama babak semifinal.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Teerasil Dangda

Sementara itu, Teerasil Dangda sudah mencetak lima gol untuk Thailand pada turnamen sepak bola di kawasan Asia Tenggara ini. Teerasil mencetak tiga gol ke gawang Indonesia saat Thailand menang 4-2.

Pemain berusia 28 tahun itu terlihat bernafsu menjadi top skorer Piala AFF untuk ketiga kalinya. Sebelumnya, Teerasil meraih gelar pencetak gol terbanyak Piala AFF pada 2008 dan 2012.

Namun, mantan pemain Almeria tersebut diragukan tampil pada leg pertama final Piala AFF 2016. Dia mengalami lebam saat Thailand menang 4-0 atas Myanmar, 8 Desember lalu.

3 dari 3 halaman

Lewati Rekor 2 Striker Timnas Indonesia

Selain memburu gelar top skorer, Teerasil juga mengincar gelar pemain Thailand yang paling rajin mencetak gol di Piala AFF. Sejauh ini, dia sudah mencetak 14 gol, Teerasil hanya tertinggal satu gol pemain legendaris Thailand, Worrawoot Srimaka.

Jumlah gol Teerasil di Piala AFF juga sudah melewati dua striker legendaris Timnas Indonesia, yakni Kurniawan Dwi Yulianto (13 gol), dan Bambang Pamungkas (12 gol).

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini