Sukses

Hadapi Thailand, Timnas Indonesia Tetap Percaya Diri

Timnas Indonesia dibantai Thailand dengan skor 2-4 di fase grup.

Liputan6.com, Jakarta - Bayu Pradana percaya timnas Indonesia bakal meraih prestasi di Piala AFF 2016. Gelandang Mitra Kukar itu mengungkapkan Tim Garuda tidak gentar dengan nama besar Thailand di partai puncak.

Padahal pada pertemuan di fase grup, Indonesia dibantai Thailand dengan skor 2-4. Teerasil Dangda menjadi bintang dengan mencetak hattrick dan dilengkapi oleh Peerapat Notchaiya. Sementara timnas hanya membalas melalui Boaz Solossa dan Lerby Eliandry.

Thailand selalu menjadi momok bagi timnas. Dari 64 pertemuan, timnas Indonesia hanya meraih 17 kemenangan dan 17 kali imbang. Sementara 30 laga lainnya berakhir dengan kekalahan.

"Siapapun lawannya kami harus tetap kerja keras. Kami optimistis Piala AFF tahun ini milik Indonesia," ujar Bayu dalam pesan singkatnya kepada Liputan6.com.

"Bagi saya pribadi lolos ke final sangatlah membanggakan. Ini nikmat yang luar biasa dari Allah," ujarnya menambahkan.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 3 halaman

Minta Dukungan

Timnas Indonesia akan menjadi tuan rumah terlebih dahulu pada leg pertama final, 14 Desember 2016 di Stadion Pakansari. Sementara leg kedua akan digelar pada 17 Desember 2016.

"Kami selalu meminta doa dan dukungan dari suporter timnas Indonesia. Adanya suporter bisa menambah motivasi para pemain," ucap Bayu lagi.

Yang jelas, timnas Indonesia harus bekerja ekstrakeras untuk bisa mewujudkan ambisi juara. Pasalnya, ini adalah kesempatan terbaik setelah terakhir kali Indonesia masuk final Piala AFF, enam tahun lalu.

Ketika itu, juga dilatih Riedl, Indonesia disingkirkan Malaysia dalam dua laga. Indonesia kalah 0-3 saat tandang dan hanya menang 2-1 di kandang.

3 dari 3 halaman

Langsung Berlatih

Sementara itu, Indonesia tak membuang waktu untuk kembali menggelar persiapan. Setelah tiba di Jakarta, Kamis (8/12/2016), Bayu dan kawan-kaan sudah dijadwalkan langsung berlatih, sore ini.

Latihan akan digelar di Lapangan Universitas Harapan Kita,  Karawaci, Tangerang. Ini merupakan tema tempat latihan yang sama, yang dipilih Riedl saat mempersiapkan pasukannya menjelang Piala AFF 2016.

Namun, menurut asisten pelatih Wolfgang Pikal, latihan hari ini hanya untuk recovery kondisi pemain. Belum memasuki latihan yang sesungguhnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.