3 Gol Arema Tekuk Sriwijaya di Pekan Krusial TSC

Oleh Risa Kosasih pada 08 Des 2016, 19:06 WIB
Diperbarui 08 Des 2016, 19:06 WIB
Arema Cronus vs Sriwijaya FC
Perbesar
Arema berhasil mengalahkan Sriwijaya 3-2. (indonesiansc/GTS))

Liputan6.com, Malang - Arema Cronus berhasil menang 3-2 atas Sriwijaya FC pada Kamis (8/12/2016) sore di Stadion Kanjuruhan, Malang. Kemenangan ini membuat Arema menjaga peluang sebagai salah satu tim favorit juara Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo.

Penyerang Sriwijaya, Alberto 'Beto' Goncalves mengejutkan Singo Edan lewat gol cepat di menit ke-11. Beto mencetak gol yang ke-20 di turnamen memanfaatkan kesalahan bek tengah Goran Gancev, yang tak bisa mengantisipasi bola lambung.

Raphael Maitimo pada kesempatan kali ini dipaksa membantu pertahanan lantaran Hamza Hamzah absen karena akumulasi kartu. Baru enam menit kebobolan, gelandang Singo Edan Esteban Viscarra menyamakan kedudukan menjadi 1-1.

Koordinasi yang buruk dari tiga pemain belakang Sriwijaya yang berusaha melakukan clearance dimanfaatkan oleh pemain asal Argentina ini. Umpan dari Dendi Santoso yang tak sempurna kepada Cristian Gonzales disambar Viscarra lewat sepakan terarah ke gawang SFC.

Tuan rumah mendapat satu kesempatan emas untuk melakukan tendangan bebas dari Cristian Gonzales. Tapi bola masih bisa diamankan penjaga gawang SFC Yogi Triana.

Tuan rumah memang berbahaya dalam eksekusi bola-bola mati. Pasalnya mereka berhasil menambah gol lagi lewat kaki Nick Kalmar yang menyambut sepak pojok pada menit ke-40. Kelengahan pemain belakang Laskar Wong Kito itu membuat Kalmar tak terkawal di depan gawang.

Empat menit jelang turun minum, Yoo Hyun Koo bisa membuat skor imbang andai tendangan bebas tak bisa ditangkap oleh Achmad Kurniawan. Skor bertahan 2-1 untuk Arema Cronus.

2 dari 2 halaman

Babak Kedua

Umpan ciamik dari Dendi Santoso pada Cristian Gonzales pada menit ke-42 membuat Arema memperlebar keunggulan menjadi 3-1. Inilah gol ke-14 El Loco di sepanjang turnamen, yang membuat dirinya menjadi top skor sementara di klub.

Wasit menunjuk titik putih pada menit ke-80 lantaran melihat benturan antara Hilton Moreira dengan dua pemain Arema, Juan Revi dan Arif Suyono. Beto Goncalves sukses menjadi eksekutor dalam penalti dan Sriwijaya memperkecil skor menjadi 3-2.

Penyelamatan gemilang sempat dilakukan Achmad Kurniawan dua menit jelang laga bubar. Beruntung gawang kakak Kurnia Meiga itu tak kebobolan hingga wasit Musthofa Umarella meniup peluit tanda berakhirnya pertandingan.

Turnamen tinggal menyisakan dua pertandingan lagi dan Arema memiliki poin 62 sebagai pemimpin klasemen sementara TSC. Perolehan poin mereka sama dengan Persipura Jayapura yang baru mengalahkan Mitra Kukar 2-1 kemarin di Tenggarong.

Susunan pemain:

Arema Cronus XI: Achmad Kurniawan; Farizi, Maitimo (c), Goran, Syaiful; Feri Aman Saragih, Kalmar, Viscarra; Okto, Dendi, Gonzales

Sriwijaya FC XI: Yogi, Jufriyanto, Mauricio, Supardi (c), Wildansyah, Utina, Manda, M. Ridwan, Yu Hyunkoo, Beto, Hilton

Lanjutkan Membaca ↓