Sukses

Alasan Bintang Persib Pilih Timnas Indonesia Dibanding Belanda

Sergio Van Dijk ternyata telah menunggu lama untuk membela timnas Indonesia.

Liputan6.com, Bandung - Juni 2012 jadi salah satu momen terpenting dalam hidup striker Persib Bandung, Sergio van Dijk. Saat itu, pemain kelahiran Assen, Belanda 6 Agustus 1982, resmi menjadi warga negara Indonesia.

Keputusan tersebut ternyata sudah ditunggu-tunggu oleh Sergio untuk waktu yang lama. Menurutnya, banyak faktor yang membuat dirinya rela melepas status sebagai warga negara Belanda terutama lantaran memiliki peluang membela Tim Nasional Indonesia yang dicita-citakannya.

"Alasannya karena saya keturunan Indonesia dan saya senang dengan kultur di Indonesia dan tentunya ada peluang main di Timnas," kata dia, Rabu (30/11/2016).

Sergio mengatakan, banyak pengalaman berharga ketika dirinya mulai jadi warga negara dan menetap di Kota Bandung. "Saya senang makanan di Indonesia kultur juga, masyarakatnya ramah tapi semua ada hal yang bagus dan tidak bagus tapi semua negara pasti ada yang seperti itu," ujarnya.

Dia menambahkan, "Kalau Bandung? Kota cukup bagus, saya senang makanan disini dan cuaca enak. Tapi waktu pertama macet sekali Bandung tapi sekarang sudah biasa."

Besar di Belanda

Sergio memulai karir sepak bolanya di Groningen pada 2000 dan hijrah kebeberapa tim seperti Helmond Sport, Emmen, Brisbane Roar, Adelaide United. Di tim ini Sergio sukses menyabet sepatu emas Liga Australia musim 2010/2011 sebelum akhirnya hijrah ke Persib Bandung, musim 2012/2013.

Sergio sempat bergabung dengan Sepahan, Suphanburi, dan Adelaide United sebelum kembali bergabung skuat Maung Bandung pada musim ini.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini