Sukses

Bantai Feyenoord, MU Buka Peluang ke 32 Besar Liga Europa

Manchester United (MU) menang telak 4-0 atas Feyenoord pada matchday kelima Grup A Liga Europa.

Liputan6.com, Jakarta Manchester United (MU) membuka peluang lolos ke babak 32 besar Liga Europa. MU kini menduduki peringkat dua klasemen sementara Grup A dengan poin sembilan, satu angka tertinggal dari Fenerbahce. Sementara posisi ketiga ditempati Feyenoord dengan poin 7.

Tiga poin tambahan MU didapat setelah mengalahkan Feyenoord dengan skor telak 4-0 di Old Trafford, Jumat (25/11/2016) dinihari WIB. Keempat gol Setan Merah masing-masing dicetak Wayne Rooney, Juan Mata, gol bunuh diri Bradley Jones, dan Jesse Lingard.

Bermain di depan publik sendiri, MU butuh kemenangan untuk menjaga peluang lolos ke babak 32 besar. Begitu laga dimulai, MU langsung melancarkan serangan. Trio gelandang serang Wayne Rooney, Juan Mata, dan Henrikh Mkhitaryan tampil lugas di lini tengah. Pergerakan mereka mengacaukan pertahanan Feyenoord.

Sementara itu, Feyenoord mencoba menembus pertahanan mengandalkan serangan balik untuk membongkar pertahanan MU. Serangan balik tim tamu nyaris menghasilkan gol di menit ke-25.

Umpan Eljero Elia ke kotak penalti yang disambut tendangan keras Jorgensen masih bisa diblok kiper Sergio Romero. Bola muntah yang disambar tembakan kaki kiri Dirk Kuyt juga dapat dihalau kaki kiper asal Argentina itu.

Old Trafford akhirnya bergemuruh di menit 35. Melalui serangan balik, Rooney menggiring bola di sisi kiri dan memberikan ke Ibrahimovic. Dengan cerdik, Ibrahimovic melepaskan umpan terobosan pada Rooney yang lolos dari jebakan offside. Dengan tenang, kapten MU itu mencungkil bola untuk menaklukkan kiper Jones. Skor 1-0 bertahan hingga turun minum.

Babak Kedua

Di babak kedua, MU tidak mengendurkan tekanan. Beberapa kali aksi Mkhitaryan mampu menembus pertahanan Feyenoord. Pada menit 51, Mata nyaris saja menggandakan keunggulan. Namun, penyelamatan gemilan dilakukan Jones dengan menepis bola lob Mata.

MU terus menggempur pertahanan Feyenoord. Hingga akhirnya gol tercipta di menit 69. Berawal dari umpan terobosan Zlatan Ibrahimovic ke kotak penalti, bola kemudian diberikan Rooney pada Mata yang dengan mudah menceploskan bola ke gawang tim tamu. Skor 2-0 untuk MU.

Enam menit berselang, MU unggul 3-0. Gol ini tercipta karena salah antisipasi kiper Jones saat coba menghalau bola sepakan Ibrahimovic. Bola yang mengenai kaki kiri Jones justru membuat bola masuk ke gawangnya sendiri.

Unggul tiga gol, Mourinho mengganti Rooney dengan Memphis Depay dan Mkhitaryan digantikan Jesse Lingard di menit ke-82. Baru lima menit di lapangan, Lingard nyaris mencetak gol. Namun, dua tendangannya bisa digagalkan Jones.

Lingard akhirnya mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-90+2. Menerima umpan Antonio Valencia, Lingard langsung melepaskan tendangan kaki kiri ke pojok kanan gawang. Gol! MU pun memenangi laga ini dengan skor 4-0.

Berikut susunan pemain

Manchester United: 20 S. Romero, 4 P. Jones, 23 L. Shaw, 16 M. Carrick, 25 A. Valencia, 8 Mata (19 M. Rashford, 70), 22 H. Mkhitaryan (14 J. Lingard, 82), 17 D. Blind, 6 Pogba, 9 Z. Ibrahimovic, 10 W. Rooney (7 M. Depay, 82)

Feyenoord: 25 B. Jones, 6 J. van der Heijden, 18 M. Nelom, 31 W. Dammers, 2 R. Karsdorp, 28 J. Toornstra (14 B. Basacikoglu, 78), 20 R. Tapia, 10 T. Vilhena, 7 D. Kuijt (19 S. Berghuis, 61), 11 E. Elia, 9 N. Jorgensen (29 M. Kramer, 73)

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini