Sukses

Ini Alasan Mourinho Tak Mainkan Rooney Jadi Starter

Mourinho menilai Mata, Martial dan Rashford lebih cepat ketimbang Wayne Rooney

Liputan6.com, Manchester - Manchester United diimbangi Arsenal pada lanjutan Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu 19 November 2016 lalu. MU unggul lebih dulu sebelum Olivier Giroud menyamakan kedudukan bagi Arsenal jelang pertandingan usai.

Pada pertandingan yang berakhir imbang 1-1 itu, MU memang kehilangan striker andalannya Zlatan Ibrahimovic. Sebagai gantinya, manajer MU Jose Mourinho justru memainkan Anthony Martial dan Marcus Rashford.

Pemilihan pemain di lini depan ini, sempat mengundang pertanyaan. Pilihan Mourinho dipertanyakan karena tidak memainkan Wayne Rooney yang kaya pengalaman dalam pertandingan-pertandingan besar.

Rooney baru masuk sebagai pemain pengganti pada menit 63, menggantikan Martial. Meski begitu, dia tetap saja gagal mengantarkan MU memenangkan laga.

Mourinho ternyata punya alasan sendiri tentang penentuan pemain ini. Pelatih asal Portugal ini, menyebut soal kecepatan adalah alasan utama Rooney tidak menjadi starter.

"Saya percaya pemain-pemain seperti Mata, Martial dan Rashford lebih cepat ketimbang Wayne [Rooney]," kata Mourinho dalam laman ESPN.

Mantan pelatih Real Madrid ini, mengaku, awalnya timnya diperkirakan akan mengendalikan permainan. Pasalnya, Arsenal adalah tim yang membiarkan lawan bermain.

"Saya tadinya mengira kami akan memiliki ruang dan bola, dan akan dengan mudah tiba kepada para pemain menyerang," kata Mourinho.

Sebelumnya, Mourinho mengatakan bahwa MU tim paling sial di Liga Inggris. Dalam tiga laga terakhir di kandang, MU seharusnya bisa menang 5 atau 6-0 atas Burnley dan Stoke City, dan menang 2 atau 3-0 atas Arsenal.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

  • Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.
    Jose Mourinho adalah pelatih kawakan yang pernah menangani sejumlah klub di liga bergengsi Eropa.

    Jose Mourinho

  • Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.
    Wayne Rooney adalah pemain sepak bola profesional Inggris, dan kapten kedua Manchester United dan timnas Inggris.

    Wayne Rooney

  • Manchester United, salah satu klub papan atas Liga Inggris. MU adalah klub tersukses di sejarah Liga Inggris modern
    Manchester United FC adalah klub sepak bola profesional yang berbasis di Old Trafford, Manchester Raya. MU bermain di liga utama Inggris.

    Manchester United

Video Terkini