Sukses

Inggris Gilas Skotlandia

Inggris menang dengan skor telak 3-0.

Liputan6.com, London - Timnas Inggris meraih poin sempurna usai menjamu Skotlandia dalam matchday keempat kualifikasi Piala Dunia 2018 Grup F Zona Eropa. Skuat asuhan Gareth Southgate itu menang tiga gol tanpa balas.

Bermain di Stadion Wembley, Sabtu (12/11/2016) dinihari WIB, Southgate memainkan formasi 4-2-3-1 dengan menempatkan Daniel Sturridge sebagai striker tunggal. Sementara Adam Lallana, Wayne Rooney, dan Raheem Sterling bermain di Sturridge.

Inggris langsung tampil menekan sejak menit pertama. Pergerakan lincah dan cepat Sterling kerap merepotkan lini pertahanan Skotlandia. Namun, menumpuknya pemain Skotlandia di lini belakang membuat serangan yang dilancarkan Inggris selalu bisa dipatahkan.

Peluang pertama Inggris didapat pada menit ke-21 melalui tendangan bebas Rooney. Tetapi, bola bisa diblok Hanley dan cuma menghasilkan sepak pojok.

Tiga menit berselang, Sturridge memecah kebuntuan. Berawal dari sepakan Sterling yang diblok Forrest, bola liar direbut Kyle Walker. Ia kemudian melepaskan umpan ke depan mulut gawang yang disambut sundulan Sterling. Kiper Craig Gordon cuma terpana melihat gawangnya kebobolan. Skor 1-0 untuk Inggris.

Skotlandia mencoba membalas. Namun, dua tendangan yang dilepaskan Snodgrass dan Fletcher masih meleset dari gawang Inggris yang dikawal Joe Hart. Hingga turun minum, skor tak berubah.

2 Gol Tambahan

Pada babak kedua, Skotlandia coba langsung tampil menyerang. Satu peluang diperoleh melalui Forrest. Tapi, tendangannya masih melenceng. Justru Inggris yang menggandakan keunggulan di menit 50. Umpan terukur Danny Rose disambut dengan sundulan Lallana sambil menjatuhkan diri. Skor 2-0 untuk Inggris.

Skotlandia nyaris mencetak gol balasan pada menit ke-53. Tapi, tendangan jarak dekat Morrison dari jarak dekat masih bisa diamankan kiper Joe Hart. Jual beli serangan pun terus terjadi.

Sekali lagi, Inggris kembali mencetak gol lewat sundulan. Kali ini giliran Gary Cahill yang melakukannya. Umpan sepak pojok Rooney dengan mudah ditanduk Cahill untuk menjebol gawang Skotlandia yang dikawal Craig Gordon di menit 61. Skor pun kembali berubah menjadi 3-0 untuk Inggris.

Meski sudah unggul jauh, Inggris tidak mengendurkan serangan. Akan tetapi, hingga laga usai tidak ada gol tambahan dalam laga ini.

Dengan hasil ini, Inggris semakin mantap di puncak klasemen sementara Grup F dengan poin 10 dari empat laga. Sementara Skotlandia turun ke posisi lima dengan poin empat.


Susunan pemain

Inggris: Hart; Walker, Stones, Cahill, Rose; Henderson, Dier; Sterling, Rooney, Lallana; Sturridge (Vardy, 75)

Skotlandia: Gordon; Anya (Paterson, 79), Berra, Hanley, Wallace; Fletcher; Forrest, Brown, Morrison (McArthur, 66), Snodgrass (Ritchie, 82); Griffiths

 

 

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.