Sukses

Suzuki Tak Dapat Kompensasi Gara-gara Calon Rekan Rossi

Calon rekan Rossi sudah dapatkan 6 poin konsesi.

Liputan6.com, London - Suzuki dipastikan tidak lagi mendapatkan kompensasi dalam hal pengembangan motor di musim depan. Ini setelah pembalap mereka, Maverick Vinales mendapatkan 6 poin konsesi hingga MotoGP 2016.

Otoritas MotoGP memberikan kompensasi buat tim-tim kecil agar bisa bersaing dengan tim pabrikan yang sudah kuat seperti Yamaha, Ducati dan Honda. Kompensasi yang diberikan berupa 9 kali pergantian mesin ( normalnya 7 kali), bebas modifikasi mesin dan tes pembalap yang tak terbatas.

Semua kemudahan itu berhenti saat pembalap tim tersebut mendapatkan 6 poin konsesi. Vinales sudah memenuh itu dengan merebut 3 kali podium ketiga dan sekali juara.

Podium 3 diberikan nilai 1, sedangkan juara mendapatkan nilai 3. Regulasi MotoGP menegaskan, saat pembalap mencapai 6 poin konsesi, maka tes yang tak terbatas wajib dihentikan.

Sedangkan pergantian mesin dan modifikasi mesin baru tidak bisa dilakukan mulai musim depan. Dengan demikian, kini tinggal Aprilia dan tim baru KTM yang mendapatkan kompensasi musim depan.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.