Sukses

Gugur di Fase Grup, Eduard Tjong Evaluasi Permainan Timnas U-19

Eduard Tjong mensyukuri kemenangan terakhir timnas U-19 Indonesia.

Liputan6.com, Hanoi - Pelatih Tim Nasional U-19 Indonesia Eduard Tjong mengapresiasi kerja keras anak asuhannya yang berhasil menang di laga terakhir fase grup Piala AFF U-19 2016. Timnas menutup babak penyisihan Grup B Piala AFF dengan kemenangan 4-3 atas Kamboja, pada Selasa (20/9/2016) malam.

Gol penentu skuat Garuda Muda dicetak oleh Saddil Ramdani di masa injury time. Namun, hasil tersebut tak mampu meloloskan mereka ke babak semifinal karena Indonesia dipastikan gugur usai laga terakhir fase ini dengan meraih enam poin dari lima laga.

Indonesia finis di posisi keempat, dua poin di belakang Myanmar yang berada di peringkat tiga grup. "Kita syukuri kemenangan ini meski kami gagal masuk semifinal. Tadi anak-anak bermain oke, kerja keras dan fighting spirit tinggi sehingga mampu memenangi laga," ucap Eduard Tjong usai pertandingan, dikutip dari rilis resmi PSSI.

Saddil Ramdani bukan hanya menyumbangkan gol penentu, namun pemain didikan ASIFA (Aji Santoso Football Academy) itu menciptakan hattrick ke gawang Kamboja yang dikawal Som Skondara.

Eduard Tjong, eks-pelatih Persela Lamongan dan PS TNI tersebut mengakui kalau pemainnya sempat kehilangan konsentrasi hingga dapat disamakan menjadi 3-3. Dia mengevaluasi selama lima kali bertanding di Piala AFF, babak kedua merupakan waktu krusial yang menjadi kelemahan tim ini.

"Lalu lemah dalam organisasi permainan. Jam terbang serta pengalaman anak-anak ini belum banyak. Karena rata-rata mereka belum pernah merasakan atmosfer laga internasional," kata Eduard.

"Tim ini punya prospek dan harapan besar karena banyak pemain masih bisa ikut lagi untuk proyeksi Timnas U-19 tahun depan. Semoga untuk ke depan persiapan bisa lebih panjang dan maksimal lagi. Terimakasih untuk dukungan dan doa masyarakat Indonesia baik yang di Vietnam dan di Indonesia," ucapnya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini