Sukses

Keran Gol Mampet, Ketajaman Van Dijk Ditunggu Persib

Persib berharap gol-gol dari Van Dijk yang mengangkat posisi mereka di papan klasemen.

Liputan6.com, Bandung - Sejak didatangkan kembali oleh Persib Bandung, Sergio Van Dijk belum bisa menunjukkan kapasitasnya sebagai striker haus gol. Padahal pada awal kariernya di Indonesia Van Dijk mampu mencetak 21 gol bagi Persib.

Van Dijk sejauh ini baru mencetak tiga gol dari 11 laga untuk Maung Bandung di Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo. Koleksi golnya ini sangat jauh berbeda ketimbang waktu memperkuat Persib pada tahun 2013.

Pada saat itu, Van Dijk yang berstatus sebagai top scorer Liga Australia bersama Adelaide United, memutuskan untuk membela Persib yang berlaga di Indonesia Super League. Meski baru sekali berlaga di Indonesia, performanya bersama Persib sangat mengesankan dengan total gelontoran 21 gol dari 29 pertandingan.

Van Dijk merupakan penyerang yang pandai memanfaatkan peluang. Senjata andalannya adalah tembakan keras kaki kiri. Namun dia juga sangat hebat dalam melakukan duel udara. Hal ini yang membuatnya mencetak banyak gol untuk Persib pada karier pertamanya di Indonesia.

Sayangnya, kemampuannya tersebut tak terlihat di Torabika Soccer Championship 2016 presented by IM3 Ooredoo. Sebagai striker, jumlah golnya masih kalah jauh dari deretan top scorer seperti Luis Junior, Pablo Rodriguez, Marcel Sacramento yang telah mencetak 12 gol.

Bahkan, pemain naturalisasi lain seperti Cristian Gonzales yang membela Arema Cronus sudah mencetak 7 gol. Torehannya juga kalah jauh jika dibandingkan dengan striker lokal yaitu Ferdinand Sinaga yang telah membuat delapan gol.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Karena Cedera?

Banyak pihak yang menilai mandulnya Van Dijk karena faktor cedera yang menimpanya. Seperti diketahui, pemain naturalisasi ini sempat absen membela Tim Pangeran Biru dalam beberapa laga karena mengalami cedera lutut saat uji coba di Tasikmalaya.

Faktor lain yang mempengaruhi ketajaman Van Dijk adalah minimnya pasokan bola kepadanya dari lini tengah. Oleh sebab itu, jajaran manajemen Persib langsung bergerak cepat untuk mencari pemain yang bisa melayani Van Dijk. Salah satu langkah yang diambil dengan merekrut Marcos Flores.

Kini, ketajaman Van Dijk terus ditunggu Persib demi mengangkat performa mereka di papan klasemen. Pasalnya, hingga saat ini, Persib masih tertahan di posisi ketujuh dengan 27 poin dari 18 laga. Jumlah poin mereka itu berselisih 13 dari Madura United (MU) yang berada di puncak klasemen. Hanya memang, jumlah laga yang dimainkan MU lebih banyak satu pertandingan dibanding Persib.

Van Dijk sendiri kini punya waktu cukup banyak untuk terus melatih kembali ketajamannya. Pasalnya, pekan ini, saat Persib duel lawan Bali United, dia dipastikan absen karena akumulasi kartu kuning.
(Yosef Deny Pamungkas)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini