Kisah Andritany dan Indra, Kakak Beradik di Timnas Indonesia

Oleh Windi.Wicaksono pada 07 Sep 2016, 07:10 WIB
Diperbarui 07 Sep 2016, 07:10 WIB
Andritany dan Indra Kahfi Ardhiyasa
Perbesar
Andritany dan Indra Kahfi Ardhiyasa

Liputan6.com, Solo - Ketika Indra Kahfi Ardhiyasa masuk menggantikan Benny Wahyudi pada menit ke-83, sejarah ternyata baru saja tercipta. Dalam laga persahabatan kontra Malaysia di Stadion Manahan, Solo, Selasa (6/9/2016) terdapat saudara kandung yang bermain di Timnas Indonesia dalam satu lapangan.

Indra Kahfi Ardhiyasa diketahui merupakan kakak kandung dari Andritany Ardhiyasa, kiper Timnas Indonesia. Andritany kebetulan dipercaya sebagai kiper Tim Garuda sejak menit pertama.

 

Debut bersama Timnas Indonesia dilakoni Indra Kahfi dalam laga kontra Malaysia kali ini. Sementara itu, seragam Timnas Indonesia bukan pertama kalinya dipakai oleh Andritany, ia melakukan debut pada 2014.

Boaz Solossa dan Ortizan Solossa juga pernah menjadi kakak beradik yang membela Timnas Indonesia. Kala itu, keduanya sama-sama dipanggil untuk memperkuat Indonesia di Pra-Piala Dunia 2006.

Sejak itu, tidak ada lagi pemain bersaudara kandung yang sama-sama dipanggil timnas Indonesia. Andritany dan Indra Kahfi yang akhirnya kembali mengulangi fakta saudara kandung bersamaan membela Tim Garuda.

2 dari 2 halaman

Lebih Tua 5 Tahun

Andritany
Perbesar
Andritany (Liputan6.com/Helmi Fithriansyah)

Indra Kahfi, yang juga berprofesi sebagai polisi, lebih tua lima tahun dari sang adik, Andritany. Mereka pun mengikuti seleksi dalam dua gelombang di Stadion Pakansari, Cibinong, Bogor. Gelombang pertama berlangsung pada 9–11 Agustus 2016, sedangkan gelombang kedua pada 16–17 Agustus 2016.  

Riedl memanggil Indra Kahfi setelah klubnya, Bhayangkara Surabaya United menghadapi tuan rumah Semen Padang di pekan ke-15 Torabika Soccer Championship presented by IM3 Ooredoo pada 12 Agustus lalu. Riedl meminta bek berusia 29 tahun itu langsung terbang dari Padang ke Jakarta.

"Awalnya pun saya dan Riedl tidak tahu bahwa mereka (Andritany dan Indra Kahfi) adalah kakak beradik," ujar asisten pelatih Timnas Indonesia, Wolfgang Pikal kepada wartawan.  

Indonesia mampu menang 3-0 atas Malaysia berkat dua gol Boaz Solossa dan satu gol Irfan Bachdim. Gawang Andritany juga sukses mencatatkan clean sheet, dan debut Indra Kahfi berakhir manis.

Pertandingan ini sebagai persiapan Indonesia menuju Piala AFF 2016 November-Desember mendatang. Bukan tidak mungkin, Andritany dan Indra Kahfi kembali sama-sama dipanggil oleh Riedl untuk turnamen sepak bola antarnegara di kawasan Asia Tenggara tersebut.

Lanjutkan Membaca ↓