Sukses

6 Fakta Menarik Usai Timnas Indonesia Bungkam Malaysia

Timnas Indonesia menang 3-0 atas Malaysia di Stadion Manahan, Solo.

Liputan6.com, Solo - Timnas Indonesia menang di laga pertama setelah pencabutan sanksi FIFA. Dua gol Boaz Solossa dan satu gol Irfan Bachdim mengantarkan Indonesia menaklukkan Malaysia 3-0 di Stadion Manahan, Solo, Rabu (7/9/2016).

Baik Indonesia dan Malaysia sama-sama menurunkan mayoritas pemain muda di laga ini. Di Indonesia hanya ada tiga pemain yang berusia di ata 30 tahun sementara di kubu Malaysia dua pemain.

Pelatih Alfred Riedl meminta kemenangan Indonesia ditempatkan di tempat yang semestinya. "Jangan melebih-lebihkan kemenangan ini, kami masih memiliki pekerjaan rumah di depan sebelum menghadapi Piala AFF," kata Riedl dalam jumpa pers seusai laga.

Sementara itu, pelatih Malaysia, Datuk Ong Kim Swee menyoroti gol cepat Indonesia yang berdampak pada mental para pemainnya. "Pertahanan menjadi pekerjaan rumah kami sebelum menghadapi Piala AFF 2016," kata mantan pelatih Timnas U-23 Malaysia ini.

Laga ini sendiri adalah bagian dari persiapan kedua tim jelang turun di Piala AFF 2016 di Myanmar dan Filipina 19 November hingga 17 Desember. Indonesia tergabung di Grup B sementara Malaysia di Grup A.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Fakta di Balik Kemenangan Timnas Indonesia

Di balik kemenangan ini, tersimpan beberapa fakta menarik. Berikut fakta-fakta tersebut:

1. Dua gol yang dicetak Boaz Solossa membuat striker Persipura Jayapura itu telah membukukan 12 gol dari 36 penampilan bagi timnas.

2. Ada delapan pemain debutan yang diturunkan pelatih Alfred Riedl pada laga ini.

3. Laga ini juga spesial bagi Ardhiyaksa bersaudara. Ya, Andritany Ardhiyaksa harus bermain bersama kakaknya, Indra Kahfi di laga ini. Ini adalah cerita kedua soal kakak-adik yang bermain bareng di timnas Indonesia setelah Ortizan dan Boaz Solossa.

4. Bagi Indonesia, ini adalah kemenangan keempat dari enam pertandingan terakhir kontra Malaysia. Dari enam laga itu, Indonesia baru kalah dua kali.

5. Ichsan Kurniawan jadi pemain termuda Indonesia yang diturunkan pada laga ini. Gelandang Sriwijaya FC itu baru berusia 20 tahun.

6. Boaz kembali cetak gol untuk Timnas Indonesia setelah terakhir kali melakukannya pada 15 Oktober 2013 ke gawang Tiongkok dalam ajang kualifikasi Piala Asia.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini