Sukses

Kurniawan: Kolektivitas Malaysia Berbahaya

Mantan Striker Indonesia Kurniawan Dwi Yulianto memprediksi bahwa Skuat Garuda akan kesulitan menghadapi Malaysia.

Liputan6.com, Jakarta - Mantan striker Kurniawan Dwi Yulianto mengatakan bahwa timnas Indonesia harus mewaspadai permainan kolektif Malaysia dalam laga uji coba Selasa (6/9/2016) malam nanti. Laga klasik sarat gengsi antara Indonesia melawan Malaysia ini, rencananya akan digelar pukul 21.00 WIB malam di Stadion Manahan, Solo.

Kepada Liputan6.com, Kurniawan mengungkapkan bahwa Malaysia bukan lawan yang berat untuk Irfan Bachdim dan kawan-kawan. Pasalnya, kualitas pemain Indonesia secara individu lebih baik dari mereka.

"Hanya saja tim yang punya filosofi bermain dan kolektivitas tinggi yang bakal menyulitkan," kata Kurniawan.

Pria yang dijuluki "Kurus" ini punya pengalaman spesial saat menghadapi Malaysia. Dia ikut mengantarkan skuat Garuda ke final Piala Tiger 2004 (kini Piala AFF) lewat kemenangan dramatis 4-1 atas Malaysia di semifinal.

Dengan format kandang-tandang, Indonesia sebelumnya sempat kalah 2-1 di Jakarta pada leg pertama. Sayang, di partai pamungkas mereka takluk dua leg sekaligus melawan Singapura, 3-1 dan 2-1.

"Dari tujuh kali bertemu Malaysia, semifinal Piala Tiger yang paling berkesan. Sekarang jelas kekuatan mereka berbeda," ucap Kurniawan.

"Sejak level U21 mereka punya banyak jam terbang. Kualitas individu Indonesia sedikit di atas Malaysia, dan akan lebih efektif kalau tim yang kualitas pemainnya rata-rata tapi bermain kolektif serta punya filosofi yang jelas," katanya.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini