Sukses

Pemuda Bali Wakili Indonesia di Basketball Without Borders Asia

Basketball Without Borders merupakan kerjasama NBA dan FIBA.

Liputan6.com, Melbourne- NBA bersama Federasi Bola Basket Internasional (FIBA) dan National Basketball League (NBL) Australia untuk pertama kalinya akan menggelar Basketball Without Borders (BWB) Asia. 45 pemain laki-laki terbaik dari 17 negara bakal mendapat pelatihan bermain basket di Dandenong Basketball Stadium, Melbourne, Australia, pada 23-26 Juni 2016.

Di antara 45 anak yang ikut serta ada satu wakil Indonesia yakni Komang Arya Parta Wijaya. Remaja asal Bali ini merupakan kapten timnas Indonesia U-16 di FIBA Asia U-16 tahun lalu.

Baca Juga

  • Dua Pemain Spanyol Tumbal Kedatangan Mourinho di MU
  • Deretan Foto Lee Yong Dae Selama Indonesia Open 2016
  • Lorenzo Puji Kehebatan Rossi Jinakkan Ban Baru di Catalunya

BWB adalah program kepedulian sosial sekaligus pengembangan olahraga basket NBA dan FIBA. Pada musim panas ini program BWB sudah memasuki tahun ke-15. Untuk merayakan hari jadi ke-15, NBA dan FIBA mengadakan BWB Asia.

Para pebasket muda kelahiran tahun 1999 sampai 2001 dari wilayah Asia-Pasifik akan mendapat kesempatan dilatih oleh para pemain, legenda dan pelatih dari NBA serta FIFA.

Beberapa bintang NBA yang dipastikan akan melatih peserta BWB Asia adalah Aron Baynes (Detroit Pistons; Australia), Dante Exum (Utah Jazz; Australia), Joe Ingles (Utah Jazz; Australia), Khris Middleton (Milwaukee Bucks; Amerika Serikat), dan Patty Mills (San Antonio Spurs; Australia).

Mereka akan bergabung dengan mantan pemain NBA macam Bruce Bowen (AS) dan David Robinson (AS); pemain aktif NBL Igor Hadziomerovic (Melbourne United; Australia), Daniel Kickert (Brisbane Bullets; Australia), Majok Majok (Melbourne United; Australia), Nate Tomlinson (Melbourne United; Australia), dan Lucas Walker (Adelaide 36’ers; Australia); mantan pemain WNBA dan WNBL Lauren Jackson (Australia); mantan pemain WNBL Jan Stirling (Australia); dan pelatih aktif NBL Lanard Copeland (Sydney Kings; AS./Australia), Dean Demopoulos (Melbourne United; AS.), Andrew Gaze (Sydney Kings; Australia), dan Mike Kelly (Melbourne United; AS/Australia).

Selain itu Asisten pelatih yang aktif di NBA, yakni Zach Guthrie (Utah Jazz), Charles Klask (Detroit Pistons), Jay Larranaga (Boston Celtics) dan Jerry Stackhouse (Toronto Raptors; mantan pemain NBA; AS) juga akan hadir sebagai pelatih BWB Asia. Bertindak sebagai Camp Director adalah Presiden World Association of Basketball Coaches (WABC), Patrick Hunt.

Di sela-sela kegiatan BWB Asia, para peserta bersama pemain dan pelatih NBA, FIBA, dan NBL akan ikut dalam program kepedulian sosial NBA Cares yang diharapkan akan membawa dampak positif di Melbourne dan Geelong.

BWB mulai diadakan sejak 2001. Program ini sudah menjangkau lebih dari 2.500 peserta dari 130 negara. Pelatihan yang dilakukan di BWB telah memberi dampak positif. 21 mantan peserta BWB masuk dalam daftar roster di malam perbuka NBA 2015-16.

Daftar Peserta:
Alexander Mudronja (Australia)
Biar Garang (Australia)
Nicholas Stoddart (Australia)
Jason Gregg (Australia)
Benjamin Fakira (Australia)
Owen Hulland (Australia)
Jie Guo (Tiongkok)
Yuxuan Liu (Tiongkok)
Jiafeng Zhang (Tiongkok)
Yansong Sun (Tiongkok)
Jiaren Zhao (Tiongkok)
Kuan-I Wu (Taiwan)
Mao Wei-Chia Ku (Taiwan)
Yen-Lin Chen (Taiwan)
Kobe Sotelo (Guam)
Aashay Verma (India)
Baladhaneshwar Poiyamozhi (India)
Sahil (India)
Komang Arya Parta Wijaya (Indonesia)
Alborz Hasanzadehzoshki (Iran)
Mohammadjavad Mahmoodi (Iran)
SeyedShahriar Arefifar (Iran)
Seishin Yokochi (Jepang)
Shugo Asai (Jepang)
Sota Okura (Jepang)
Abdullah Alsawalhi (Yordania)
Georges El Beyrouty (Lebanon)
Karim Zeinoun (Lebanon)
Joon Kang Lee (Malaysia)
Samuel Waardenburg (Selandia Baru)
Daniel Fotu (Selandia Baru)
Quinn Clinton (Selandia Baru)
Hamish McDonald (Selandia Baru)
Callum McRae (Selandia Baru)
Taane Samuel (Selandia Baru)
Jed Cedrick Colonia (Filipina)
John Mark Lagumen (Filipina)
Paul Mathew Manalang (Filipina)
Yong-An Thng (Singapura)
Yunghi Ha (Korea Selatan)
Sunghyun Choe (Korea Selatan)
Jaehyun Oh (Korea Selatan)
Yongwoo Yi (Korea Selatan)
Jdar Sonsem (Thailand)
Shukhrat Muradhadjaev (Uzbekistan)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.