Sukses

10 Fakta Striker Incaran MU: Ibrahimovic

Zlatan Ibrahimovic bikin penasaran fans Manchester United.

Liputan6.com, Manchester - Pernyataan striker Timnas Swedia, Zlatan Ibrahimovic mengenai klub barunya bikin penasaran pecinta sepak bola, termasuk fans Manchester United.

"Besok tanggal 7 Juni akan ada pengumuman besar. Saya yakin kabar ini bakal menjadi bombastis sepanjang musim panas," ujar Ibrahimovic seperti dilansir ESPN.

Baca Juga

  • Momen Piala Eropa: Selebrasi Dokter Gigi Si Pemabuk
  • Mengenal Bintang Muda Piala Eropa: Alvaro Morata
  • Jersey Timnas Inggris di Piala Eropa 2016 Buatan Indonesia

Wajar bila fans MU penasaran. Sebab, Ibrahimovic merupakan striker incaran Setan Merah (sebutan MU). Terlebih lagi, Ibrahimovic pernah bekerja sama dengan manajer baru MU, Jose Mourinho.

Meski sudah 34 tahun, Ibrahimovic masih berlabel salah satu striker terbaik di dunia. Buktinya, pada musim 2015/16, dia mencetak 38 gol dari 31 penampilan bersama Paris Saint-Germain (PSG) di Ligue 1.

Ibahimovic merupakan striker kelas dunia yang dibutuhkan Setan Merah. Setidaknya ada 10 fakta menarik mengenai pemain yang sudah memperkuat tujuh klub di Eropa tersebut. Simak di halaman selanjutnya!

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 5 halaman

Fakta Ibrahimovic

Fakta menarik Zlatan Ibrahimovic

1. Ibrahimovic memulai kariernya bersama klub asal Swedia, Malmo FF pada 1999-2001 di bawah asuhan Roland Andersson. Bersama Malmo FF, Ibra mencetak 16 gol dari 40 penampilan di Liga Swedia.

2. Dia dianggap sebagai salah satu pemain berbakat dari generasinya. Ibrahimovic malah masih aktif di sepak bola Eropa bila dibandingkan dengan Ronaldinho yang kini bermain di Amerika Latin.

Tidak hanya itu saja, mantan pemain Barcelona tersebut juga masih bisa bersaing dengan dua pemain terbaik dunia saat ini, Cristiano Ronaldo dan Lionel Messi.

3 dari 5 halaman

Fakta Ibrahimovic

3. Pada 2012, saat usianya masih 31 tahun, Ibrahimovic merupakan pemain terbaik dunia kelima versi The Guardian. Dia mengalahkan pemain yang usianya belum menginjak 30 tahun, seperti, Edinson Cavani, Yaya Toure, Robin van Persie, dan Radamel Falcao.

4. Ibrahimovic lahir di Swedia pada 3 Oktober 1981. Tidak banyak yang tahu bila dia memiliki darah Islam.

Ayahnya asal Bosnia, Sefik Ibrahimovic beragama Islam. Sedangkan ibunya lahir di Kroasiam Jurka Gravic. Sefik dan Jurga memulai hubungannya ketika sama-sama beremigrasi ke Swedia.

5. Pada usia enam tahun, Ibrahimovic menerima sepatu sepak bola dari ayahnya. Sejak saat itu dia mulai rajin bermain bola.

4 dari 5 halaman

Fakta Ibrahimovic

6. Striker yang identik dengan nomor 10 itu merupakan salah satu pemain cerdas di dunia. Setidaknya, dia bisa menggunakan lima bahasa, yakni Swedia, Bosnia, Inggris, Spanyol, dan Italia.

7. Ibrahimovic digambarkan sebagai pemain yang komplet. Dia kuat di udara, lincah, dan bisa mencetak gol tanpa melihat posisi gawang.

Buktinya, Ibrahimovic memenangkan 42 duel udara dari  63 pertarungan dengan lawan dengan tingkat keberhasilan sebesar 67 persen.  Dia juga menyumbang 13 assists bersama PSG musim 2015/16.

5 dari 5 halaman

Fakta Ibrahimovic

8. Ibrahimovic sudah banyak terlibat dalam beberapa pertarungan besar. Dia pernah merasakan panasnya derby Milan dan El Clasico.

9. Dia merupakan satu-satunya pemain yang bisa mencetak gol di Liga Champions bersama enam klub berbeda. Ibrahimovic tercatat mencetak sembilan gol bersama Ajax Amsterdam, Juventus (3 gol), Inter Milan (6 gol), Barcelona (4 gol), AC Milan (9 gol), dan PSG (20 gol).

10. Selain jago bermain bola, Ibrahimovic juga pandai bela diri. Dia mendapat sabuk hitam kehormatan dari klub taekwondo milik Malmo.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.