Sukses

Fakta Menarik City Vs Madrid: Pellegrini 'Pulang' ke Bernabeu

Real Madrid dan Manchester City sudah dua kali bertemu, yakni di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2012/13.

Liputan6.com, Jakarta - Undian babak semifinal Liga Champions telah dilakukan di Nyon, Swiss, Jumat (15/4/2016). Dua tim bertabur bintang, Manchester City dan Real Madrid bakal saling tikam demi mendapatkan satu tiket ke San Siro, venue final Liga Champions, 28 Mei mendatang.

Kedua tim sudah dua kali bertemu, yakni di babak penyisihan grup Liga Champions musim 2012/13. Pada pertemuan pertama yang berlangsung di Santiago Bernabeu Stadium, 19 September 2012, Madrid unggul 3-2. Tiga gol Los Blancos --julukan Madrid-- dicetak oleh Marcelo, Karim Benzema, dan Cristiano Ronaldo. Sedangkan dua gol balasan City ditorehkan oleh Edin Dzeko dan Aleksandar Kolarov.

Baca Juga

  • Trek GP China Seharusnya Cocok dengan Mobil Rio Haryanto
  • Air Mata Haru Iringi Kepergian Kobe Bryant
  • Jadwal Balapan Rio Haryanto di GP China

Sementara di pertemuan kedua yang berlangsung di Etihad Stadium, 22 November 2012, pertarungan antara City kontra Madrid berakhir imbang 1-1. Los Blancos sempat unggul pada menit kesepuluh melalui Karim Benzema. Untungnya, City berhasil membalas melalui eksekusi tendangan penalti Sergio Kun Aguero pada menit ke-73.

Pada babak semifinal Liga Champions musim ini, Manchester Biru menjadi tuan rumah terlebih dahulu. Pertarungan di Etihad bakal dilangsungkan pada 26 April mendatang. Leg kedua bakal berlangsung di Santiago Bernabeu, 3 Mei 2015.

Laga ini juga menjadi pertarungan emosional bagi manajer City, Manuel Pellegrini. Manajer asal Chile itu pernah melatih Madrid pada 2009 hingga 2010.

Manuel Pellegrini pernah melatih Real Madrid pada 2009 hingga 2010. (Reuters/Phil Noble)

Pellegrini didepak dari Madrid karena Presiden Florentino Perez tak suka dengan kinerjanya. Perez menganggap Pellegrini tidak becus menangani ego pemain Los Blancos. Hasilnya, selama dinakhodai Pellegrini, Los Blancos tidak mendapatkan gelar. Posisinya pun digantikan oleh Jose Mourinho.

Padahal, pada saat masih melatih Madrid, jejak rekam Pellegrini bersama Madrid tidak tertalu mengecewakan. Dia mempersembahkan 36 kemenangan dari 48 pertandingan. Sisanya, meraih lima hasil imbang dan tujuh kekalahan. Itu artinya, persentase kemenangan Madrid saat dilatih Pellegrini sebesar 75 persen.

Pellegrini sendiri sudah dua kali meloloskan tim yang pernah dibelanya hingga babak semifinal Liga Champions. Selain Manchester City, Pellegrini juga mengantarkan Villarreal ke babak semifinal. Sayang, langkahnya bersama Villarreal terhenti di tangan Arsenal. Ketika itu, Villarreal kalah agregat 0-1 dari Meriam London (julukan Arsenal).

Sementara itu, Real Madrid sudah tampil di semifinal Liga Champions sebanyak 26 kali. Laga melawan City bakal menjadi partai ke-27 Madrid di semifinal. Rekor Los Blancos di semifinal adalah 13 kemenangan dan 13 kekalahan.

Los Blancos juga punya catatan ciamik ketika bermain di Inggris. Dari 14 pertandingan di negerinya Ratu Elizabeth, Madrid mencatatkan tujuh kemenangan, lima hasil imbang, dan dua kekalahan.

Bintang Real Madrid, Cristiano Ronaldo juga sedang on fire. Pada musim ini di Liga Champions, pemain berusia 31 tahun tersebut telah mencetak 16 gol dan empat assists.

Cristiano Ronaldo telah mencetak 16 gol dan empat assists di Liga Champions musim ini. (Reuters/Susanna Vera)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini