Sukses

Menpora Imam Nahrawi Akan Laporkan La Nyalla ke Polisi

Menpora Imam Nahrawi tengah mempertimbangkan gugatan hukum terhadap Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti.

Liputan6.com, Bandung - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora), Imam Nahrawi, tersinggung dengan ucapan Ketua Umum PSSI, La Nyalla Mattalitti saat wawancara usai ditetapkan sebagai tersangka dalam kasus dugaan korupsi Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Jawa Timur. Politisi Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) tersebut tengah mempertimbangkan mengajukan gugatan hukum terhadap La Nyalla.

"Pernyataan konyol emosi itu dari mana sumbernya. Saya tuntut itu. Saya tuntut nanti," kata Imam kepada wartawan di Stadion Si Jalak Harupat, Soreang, Bandung, Kamis (17/3/2016).

"Saya sedang menyiapkan perangkat untuk segera melaporkan ke polisi. Saya tersinggung banget. Enak saja dia (La Nyalla Mattalitti) ngomong begitu," kata Imam Nahrawi melanjutkan.

Baca Juga

  • Ketua Umum PSSI Jadi Tersangka, Ini Tanggapan Menpora
  • La Nyalla Tersangka, Sepak Bola Indonesia Bergolak Lagi
  • Jadi Tersangka Dana Hibah, La Nyalla Ogah Mundur

La Nyalla ditetapkan sebagai tersangka oleh Kejaksaan Tinggi (Kajati) Jawa Timur, Rabu (16/3/2016) atas dugaan korupsi dana hibah Pemprov Jatim ke Kadin Jawa Timur 2010-2014 lalu. La Nyalla menghormati keputusan ini. Namun La Nyalla curiga, keputusan itu bemuatan politis.

Dalam wawancara dengan salah satu stasiun televisi nasional, La Nyalla juga sempat mengaitkan penetapan tersangka dirinya dengan kisruh yang melanda sepak bola Indonesia saat ini.

"Ini sudah jelas (untuk) menggulingkan (saya) dari PSSI. (Hal itu) dilakukan dengan cara seperti ini," tuturnya. "Saudara Menpora itu loh. Sudah beberapa kali mau bikin KLB (Kongres Luar Biasa). Ini (PSSI) rumah tangga sepak bola, jangan dimain-mainin," ujar La Nyalla kala itu.

Menurut Imam, La Nyalla seharusnya tidak melontarkan pernyataan tersebut. Hal itu karena persoalan Kadin dengan sepak bola tidak memiliki hubungan. "Kadin dikaitkan dengan bola itu jauh."

Imam juga menganggap pernyataan La Nyalla sebagai bentuk tuduhan mafia hukum pada dirinya. Padahal, kata Imam, Kemenpora selalu kalah di pengadilan oleh PSSI.

"Berarti dia menuduh saya mafia hukum faktanya saya kalah di PTUN kok. Jangan statement seperti itu. Itu pertanda bahwa dia katakan hukum bisa diintervensi," ujarnya.

Terkait kepastian pengajuan tuntutan pada La Nyalla, Imam belum mau memastikan. "Nunggu dia sadar enggak itu. Pokoknya kalau statement enggak boleh emosi," ujar Imam.
Ketua Umum PSSI La Nyalla Mattalitti saat menghadiri pertemuan di kantor Komnas HAM, Jakarta, Kamis (13/8/2015). Pertemuan tersebut terkait pembekuan PSSI oleh Kemenpora. (Liputan6.com/Helmi Afandi)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.