Sukses

Mengenal 3 Pilot 'Jet Darat' Andalan Indonesia

ini adalah pertama kalinya Indonesia punya tiga wakil sekaligus di kompetisi balap tertinggi.

Liputan6.com, Jakarta - Indonesia tahun ini punya tiga wakil balapan 'jet darat' di kancah internasional. Mereka adalah Rio Haryanto, Philo Paz Patric Armand dan Sean Gelael.

Pada 2016, Rio akan tampil di Formula 1. Sementara Philo dan Sean bersaing di GP2 (satu tingkat di bawah F1). Ketiganya mengharumkan nama Indonesia. Bagaimana tidak, ini adalah pertama kalinya Indonesia punya tiga wakil sekaligus di kompetisi balap tertinggi.  

Dalam satu dekade terakhir, Indonesia punya beberapa pembalap berbakat. Mulai dari Ananda Mikola, Moreno Soeprapto, Satrio Hermanto, Alexandra Asmasoebrata hingga Zahir Ali.

Namun, tak ada yang melaju jauh hingga GP2 dan F1 seperti Rio, Philo dan Sean. Ketiganya berhasil melalui semua tahap untuk tampil di ajang tertinggi.

Berikut profil 3 Pilot 'Jet Darat' Indonesia:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Rio Haryanto

1. Rio Haryanto

Rio (23) tahun ini akan terjun ke F1. Ia adalah pembalap pertama Indonesia yang tampil di ajang balap jet darat tersebut.

Sebelum tampil di F1, Rio empat tahun (2012-2015) berkompetisi di GP2.  Ia sudah kenyang pengalaman di ajang tersebut.

Prestasi terbaiknya adalah tahun lalu dimana Rio sukses meraih tiga kemenangan. Rio juga finis di peringkat empat klasemen akhir pembalap.

Tahun ini, ia akan berkompetisi di F1 bersama Manor Racing. Rio akan berduet dengan pembalap Jerman Pascal Wehrlein.
Rio Haryanto (Rio Haryanto Management).

3 dari 4 halaman

Philo Paz Patric Armand

2. Philo Paz Patric Armand

Ini menjadi tahun pertama Philo di GP2. Sebelumnya ia berkompetisi di Formula Renault 3.5 Series bersama Pons Racing.

Philo (19) bisa dibilang sudah mengikuti semua jenjang balap untuk sampai ke tahap tertinggi. Mulai dari Formula Renault BARC Winter Series (2012), Formula Renault 2.0 NEC (2013), Formula Renault 2.0 Alps (2013-2014) dan Eurocup Formula Renault 2.0 (2014).

Di GP2 tahun ini, Philo gabung bersama tim Italia, Trident Racing. Ia akan berduet dengan pembalap asal Italia, Luca Ghiotto. Luca merupakan runner up GP3 tahun lalu.
Philo Paz Patric Armand (GP2 Media Services)

4 dari 4 halaman

Sean Gelael

3. Sean Gelael

Sean (19) akan tampil di GP2 musim ini bersama Campos Racing, yang merupakan tim Rio Haryanto tahun lalu. Di Campos, Sean akan beduet dengan pembalap Selandia Baru Mitch Evans.

Sama seperti Philo, Sean juga kenyang pengalaman balapan. Ia pernah berkompetisi di Formula Renault 3.5 Series, FIA European Formula 3 Championship, British Formula 3 Championship dan Masters of Formula 3.
Sean Gelael bersama mobil Jagonya Ayam Carlin (Sean-Gelael.com/Liputan6.com)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini