Sukses

6 Bek Tengah Terbaik Era Sepak Bola Modern

Para bek itu menjadi pemain kunci klub mereka masing-masing.

Liputan6.com, Paris - Lini pertahanan seringkali menjadi area paling penting dalam sebuah pertandingan sepak bola. Terkadang, para pemain belakang juga menjadi penentu hasil pertandingan, terutama agar gawang timnya tak kebobolan.

Oleh karena itu, para bek dianggap sama pentingnya dengan pemain tengah maupun penyerang-penyerang. Ketangguhan para pemain lini belakang turut membantu sebuah tim untuk meraih hasil yang diinginkan.

Di era sepak bola modern, bek bukan hanya menjaga area pertahanan, namun juga membantu serangan. Sederet pemain dikenal sebagai bek papan atas dunia yang bukan hanya hebat dalam menjaga lini belakang, tapi juga pandai saat menyerang.

Para bek ini biasanya merupakan pemain kunci bagi tim mereka. Posisi mereka tak tergantikan di klub masing-masing. Berikut daftar 6 bek tengah terbaik era sepak bola modern:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 4 halaman

Mats Hummels

6. Mats Hummels

Ketika Borussia Dortmund menguasai Bundesliga 2010–2011 dan 2011–2012, pertahanan mereka dianggap yang terbaik. Mats Hummels dianggap salah satu elemen yang membuat lini belakang Dortmund tahan gempur.

Hummels juga instrumen penting ketika Timnas Jerman menjuarai Piala Dunia 2014 di Brasil. Permainannya lugas, tanpa kompromi, dan unggul dalam duel bola-bola atas. Beberapa kali menjadi incaran klub seperti Barcelona, Manchester United, maupun Chelsea, tapi Hummels masih setia bersama Dortmund.

 

5. John Terry

Usia John Terry saat ini mungkin telah menginjak 35 tahun. Namun, ketika pada era keemasannya, Terry dikenal sebagai bek yang tangguh. Selama satu dekade Terry dianggap sebagai bek papan atas dunia yang mampu menjaga area pertahanan dengan baik.

Bahkan, kapten Chelsea ini pernah dipuji sebagai pemain yang rela mati demi gawang timnya tak kebobolan. Terry memiliki jiwa kepemimpinan yang luar biasa di barisan belakang. Para penyerang lawan akan dibuat takut dengan tekel-tekel kerasnya.

3 dari 4 halaman

Giorgio Chiellini

4. Giorgio Chiellini

Juventus mungkin salah satu klub elite Eropa yang memiliki pertahanan paling solid. Sepak bola Italia sudah sejak lama terkenal dengan organisasi pertahanan mereka. Giorgio Chiellini salah satu bek yang membuat lini belakang Juventus solid.

Pemain internasional Italia itu membuat perbedaan signifikan di lini belakang Bianconeri. Tak diragukan lagi, Chiellini salah satu bek tengah terbaik era sepak bola modern. Salah satu keahlian bek berusia 31 tahun ini adalah memprovokasi penyerang lawan hingga frustrasi.

 

3. Thiago Silva

Bek internasional Brasil, Thiago Silva, nama jaminan mutu untuk menjaga wilayah pertahanan. Kini, Silva membela Paris Saint-Germain (PSG) dan sudah tiga musim terakhir membawa klub ibu kota Prancis juara Ligue 1.

Musim ini pun demikian, PSG tampil dominan di Ligue 1 dan barisan belakang yang digalang Silva paling solid. Tanpa Silva, pertahanan PSG dan Timnas Brasil mungkin rapuh dan mudah ditembus para penyerang lawan. Tak diragukan lagi, Silva pemimpin sejati di lini belakang.

4 dari 4 halaman

Sergio Ramos

2. Sergio Ramos

Posisinya tak tergantikan di lini belakang Real Madrid dan Timnas Spanyol. Sergio Ramos bek kelas dunia yang telah merasakan mengangkat trofi berbagai gelar. Dia pemain belakang yang lugas dan memiliki naluri menyerang bagus.

Ramos pemain bertahan yang sulit dilewati penyerang lawan.
Dia tak segan-segan bermain keras hingga pemain lawan terjungkal. Ramos selama bertahun-tahun dianggap sebagai salah satu bek modern terbaik yang pernah ada. Sempat diincar Manchester United, Ramos menegaskan kesetiaannya bersama Real Madrid.

   

1. Gerard Pique

Musim lalu mungkin musim terbaik bagi Gerard Pique bersama Barcelona. Dia meraih treble winner dengan menjuarai La Liga, Copa del Rey, dan Liga Champions. Performanya stabil, padahal bukan rahasia lagi bila Barcelona menerapkan strategi menyerang.

Tapi, Pique mampu menjaga wilayah pertahanannya dengan baik. Malah, tak jarang dia ikut membantu menyerang. Partnernya di lini belakang merasa terbantu dengan pergerakan Pique. Pique juga telah membantu Timnas Spanyol menjuarai Piala Eropa dan Piala Dunia. Jadi, kapasitasnya jelas kelas wahid.

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.

Video Terkini