Sukses

Hajar River Plate, Barcelona Klub Terbaik Sejagat

Barcelona kini mengemas 3 gelar Piala Dunia Antarklub. Pada perhelatan tahun ini, Azulgrana mengandaskan River Plate di final.

Liputan6.com, Yokohama - Barcelona resmi menjadi tim terbaik sejagat setelah memetik kemenangan di final Piala Dunia Antarklub 2015. Barcelona menghajar River Plate dengan skor 3-0, Minggu (20/12/2015).

Aroma Amerika Latin mewarnai sukses Barcelona di Yokohama Stadium, Jepang. Tiga gol kemenangan Barcelona seluruhnya dicetak pemain dari Amerika Selatan, Lionel Messi dan Luis Suarez. El Pistolero, julukan Suarez, menyarangkan dua gol sedangkan Lionel Messi membuka keunggulan Blaugrana.

Baca Juga

  • RESMI: Ancelotti Gantikan Guardiola di Muenchen
  • Messi Antar Barcelona Memimpin di Final Piala Dunia Antarklub
  • Mitra Kukar Tekuk PS TNI, Jafri Sastra Malah Pusing

River Plate sendiri dibuat tidak berdaya dalam pertandingan 2x45 menit. Tim asal Argentina itu lebih banyak menahan serangan Barcelona dibanding melancarkan tekanan pada skuat asuhan Luis Enrique itu.

Statistik pertandingan di babak kedua mencatat, Barcelona melepaskan 16 kali tembakan sedangkan River Plate hanya 7 kali. Dari penguasaan bola, Barcelona memimpin 64% berbanding 36%. 

Pemain Barcelona di Final Piala Dunia Antarklub

Sinyal kemenangan Barcelona sendiri telah terlihat pada menit 36. Lionel Messi berhasil membuka keunggulan Barcelona. Mendapat ruang kosong, Messi menyontek bola yang gagal diselamatkan kiper River Plate, Marcelo Barovero. Kedudukan 1-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga jeda.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Menggila di Babak Kedua

Di babak kedua, Barcelona semakin menjadi. Suarez memperlebar jarak melalui tendangan diagonal. Lepas dari kawalan pemain belakang River Plate, Suarez berhadapan 1 lawan 1 dengan kiper Marcelo. Tanpa ampun, bomber asal Uruguay ini melepaskan tembakan tanpa mampu dihalau Marcelo.

Luis Suarez di Final Piala Dunia Antarklub

Skor 2-0 membuat Barcelona di atas angin. Suarez kembali menjadi mimpi buruk River Plate setelah mencetak gol ketiga. Tandukan Suarez memanfaatkan umpan Neymar bersarang di pojok gawang Marcelo. Skor 3-0 untuk keunggulan Barcelona bertahan hingga peluit panjang dibunyikan.

Menurut catatan dari Infostrada, Suarez menjadi pemain ke-2 yang mampu mencetak 4 gol dalam perhelatan Piala Dunia Antarklub setelah Denilson melakukannya bersama Pohang Steelers klub Korea Selatan pada 2009. 

Kemenangan ini membuat Barcelona menjadi tim tersukses di Piala Dunia Antarklub dengan menorehkan 3 gelar. Sebelumnya, Barcelona dan klub asal Brasil, Corinthians sama -sama mengoleksi 2 gelar interkontinental ini.

Susunan Pemain

River Plate: Marcelo Barovero, Jonatan Maidana, Eder Balanta, Matias Kranevitter, Leonel Vangioni, Gabriel Mercado, Carlos Sánchez, Tabaré Viudez (Sebastian Driussi), Leonardo Ponzio, Lucho González, Rodrigo Mora (Gonzalo Martinez), Lucas Alario

Barcelona: Claudio Bravo, Gerard Pique, Dani Alves, Javier Mascherano (Thomas Vermaelen), Jordi Alba, Ivan Rakitic (Sergi Roberto), Sergio Busquets, Andres Iniesta, Luis Suárez, Lionel Messi, Neymar (Jeremy Mathieu)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.