Sukses

5 Fakta Unik yang Jarang Diketahui dari Seorang Pembalap

Para penunggang 'kuda besi' itu ternyata menjalani keseharian yang tidak mudah jika sedang bertanding.

Liputan6.com, Jakarta - Perebutan gelar juara dunia MotoGP antara Valentino Rossi dan Jorge Lorenzo akan tersaji pada Minggu (8/11/2015) di Sirkuit Ricardo Tormo, Valencia. Dari sengitnya persaingan tersebut ternyata ada beberapa hal yang wajib kita ketahui dari seorang pembalap.

Para penunggang 'kuda besi' itu ternyata menjalani keseharian yang tidak mudah jika sedang bertanding. Mereka bahkan harus siap mempertaruhkan nyawa saat melaju kencang di atas aspal.

Jika diingat, saat seorang pembalap jatuh dari motornya maka ia akan kesulitan untuk mengembalikan motor ke posisi semula, kenapa? Karena beban motor tersebut tidak mungkin ditanggung oleh tenaga satu orang.

Lalu bagaimana seorang pembalap dapat tahan dari panasnya cuaca, padahal ia harus memutari sirkuit hingga puluhan lap. Dengan helm dan kostum yang dikenakan, para pembalap juga bisa tetap aman jika terjatuh dan kecelakaan di sirkuit.

Berikut adalah 5 hal yang harus Anda ketahui dari pemaparan pembalap the Monster Yamaha Tech 3 team, Bradley Smith:

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 6 halaman

Melaju kencang

1. Pembalap MotoGP rata-rata mengemudi lebih dari 100mph

Motor yang dikendarai Bradley Smith, Yamaha YZR-M1 memiliki kecepatan tertinggi hingga 215mph. Namun saat di sirkuit Smith dapat memacu motornya hinga 110mph.

"Motor yang digunakan memiliki 250 tenaga kuda, itu lebih kencang dari sebuah mobil," ucap Smith.

3 dari 6 halaman

Motor berat

2. Berat motor MotoGP dua kali berat orang dewasa

Jika ada seorang pembalap jatuh di sirkuit, maka seketika itu juga akan hadir kru-kru untuk membantu si pembalap mengangkat motornya kembali ke lintasan. Karena motor tersebut sangat berat dan tidak dapat diangkat seorang diri.

"Berat motor sekitar 160kg, itu sangat berat," jelas Smith.

4 dari 6 halaman

Pembalap kehilangan cairan

3. Pembalap kehilangan 2 liter cairan saat di membalap

Persaingan ketat dengan para pembalap lain membutuhkan kekuatan fisik yang memumpuni. Terlebih adanya tekanan dari cuaca dan iklim panas dari sirkuit tempat laga digelar.

"Sangat buruk ketika Anda membalap di 36 derajat celcius di Malaysia (contohnya) karena itu sangat menguras tenaga dan pikiran. Keringat kami hilang sekitar 2 liter dalam 45 menit," kata Smith.

5 dari 6 halaman

Manfaat kulit Kangguru

4. Kulit Kangguru membantu pembalap bertahan dari benturan

Pakaian yang digunakan pembalap harus nyaman dan aman. Setidaknya pakaian itu tidak melukai si pembalap apabila terjadi benturan.

"Jaket saya terbuat dari kulit Kangguru karena itu sangat fleksibel. Jaket harus terasa seperti kulit kedua si pembalap, jadi itu dapat memudahkan kita bergerak," kata Smith.

"Tebalnya sekitar 3-5mm, mungkin kelihatannya tidak dapat melindungi kita dari benturan, tapi itu cukup tangguh dan dapat memantul," jelasnya.

6 dari 6 halaman

Lebih dari Batman

5. Pembalap memiliki pelindung lebih banyak dari 'Batman'

Dalam film superhero, Batman adalah pahlawan yang memiliki peralatan canggih dan pakaian pelindung yang super kuat. Namun pembalap juga memilikinya, bahkan lebih.

"Ada perlindungan di area pundak, siku, telapak, lutut, tangan, punggung, dada, pinggul, dan lainnya. Biasanya kulit tersebut dilengkapi dengan airbag sistem sehingga dapat mengurangi benturan saat kami berbenturan," ucap Smith. (Jon/Rco)

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.