Sukses

Data Fakta Piala Presiden dalam Angka

Sang juara, Persib Bandung mendominasi turnamen milik Mahaka ini.

Liputan6.com, Gelaran Piala Presiden 2015 selesai dihelat, Minggu 18 Oktober 2015. Gelaran milik Mahaka ini benar-benar menyita perhatian publik di tengah kompetisi dalam negeri yang mati suri gara-gara kisruh PSSI dan Kemenpora.

Persib Bandung tampil menjadi juara setelah mengalahkan Sriwijaya FC dengan skor dua gol tanpa balas. Hasil ini membuat Maung Bandung merebut double winner. Tim Kota Kembang sukses mengawinkan dua gelar: ISL 2014 dan Piala Presiden 2015.

Sang juara bertahan ISL benar-benar mendominasi turnamen. Terbukti, Zulham Zamrun menyabet dua gelar di gelaran ini, yaitu Topscorer dan Pemain Terbaik. Zulham total mengantongi hadiah Rp 300 juta dari dua torehan individualnya tersebut.

Data fakta menarik Piala Presiden 2015 tersaji dalam angka. Berikut daftarnya yang dikumpulkan Liputan6.com dari berbagai sumber termasuk Twitter Labbola.

* Follow Official WhatsApp Channel Liputan6.com untuk mendapatkan berita-berita terkini dengan mengklik tautan ini.

2 dari 2 halaman

Data dan Fakta

1 - Pelatih Persib Bandung Djadjang Nurdjaman menjadi satu-satunya pelatih di Piala Presiden 2015 yang mampu mengantarkan tim merebut juara sebagai pemain, asisten pelatih, dan pelatih kepala.

5 - Zulham Zamrun tampil menjadi topscorer di gelaran Piala Presiden 2015 dengan mencetak 5 gol selama gelaran Piala Presiden bentukan Mahaka.

10 - Persib Bandung menjadi tim yang terproduktif di babak penyisihan grup dengan melesakkan 10 gol.

10 - Beruang Madu, julukan Persib Balikpapan menjadi tim dengan jumlah kebobolan terbanyak. Tim besutan Edward Tjong ini kemasukan 10 gol. Kekalahan terbesar ketika bersua Persib dan Persebaya (Bonek FC) masing-masing kalah 0-4 dan 1-4.

4  - Kemenangan dengan skor 4 gol diraih dua peserta Piala Presiden. Persib Bandung sukses menang dengan skor 4-0 dua kali ketika menghadapi Martapura FC dan Persiba Balikpapan. Persebaya United (Bonek FC) juga mendapatkan kemenangan empat gol saat melawan Persiba Balikpapan (Menang 4-1).

15 - Wasit Djumadi Effendi mengeluarkan 15 kartu di laga Persib vs PBFC di leg 2 babak perempat final. Dia mengeluarkan 12 kartu kuning dan 3 kartu merah. Itu menjadi jumlah kartu terbanyak dalam satu pertandingan.

21 - Tampil sebagai juara, Persib menjadi tim yang paling banyak mengantongi kartu, mengemas 21 kartu kuning, diikuti Mitra Kukar, 20 kartu dan Arema 18 kartu.

135 - Kartu Kuning yang dikeluarkan untuk pemain lokal sebanyak 135, sedangkan pemain asing 22.

3 - Assist terbanyak didapatkan oleh Firman Utina (Persib Bandung) dan Boaz Solossa (PBFC). Mereka masing-masing melakukan 3 assist.

57 - Berdasarkan posisi bermain, pemain depan seluruh tim peserta Piala Presiden total mencetak 57 gol, diikuti gelandang 12 gol, dan bek 12 gol.

69 - Total pemain lokal peserta Piala Presiden melesakkan 69 gol, sedangkan pemain asing 25 gol.

20 - Wasit Handri Kristanto paling banyak mengeluarkan kartu. Dia memberikan 20 kartu di Piala Presiden.

12 - Selama perhelatan Piala Presiden, 12 penalti terjadi. Dua di antaranya mampu diselamatkan kiper Jandia Eka Putera dan Fauzal Mubaraq. (Rjp/Vid)*

* Fakta atau Hoaks? Untuk mengetahui kebenaran informasi yang beredar, silakan WhatsApp ke nomor Cek Fakta Liputan6.com 0811 9787 670 hanya dengan ketik kata kunci yang diinginkan.